Perbedaan Teknologi Massive MIMO dengan 4x4 MIMO

Perbedaan Teknologi Massive MIMO dengan 4x4 MIMO

(Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

TANGERANG - Teknologi Massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output) yang diperkenalkan oleh Smartfren hari ini, Senin (16/1/2017) diklaim memiliki perbedaan dari MIMO jenis lain yakni 4x4.

Perbedaan tersebut diungkap oleh Chief Technical Officer Smartfren Christian Daigneault pada acara perkenalan teknologi MIMO di kawasan Tangerang, Banten.

Menurut Christian ada beberapa perbedaan yang menonjol antara teknologi Massive MIMO dan 4x4 MIMO. Salah satu perbedaan yang cukup jelas ialah dari jumlah antena yang dimilikinya.

"Massive MIMO memiliki multi antena yang terdiri 64 antena receiver dan antena output khusus untuk TDD. Sedangkan di 4x4 MIMO hanya berjumlah 16 antena," jelas Christian.

Dengan banyaknya jumlah antena tersebut, kualitas jaringan serta jangkauan yang dimiliki diklaim lebih baik karena memiliki koneksi masing-masing di setiap handset.

Selain itu, teknologi Massive MIMO yang mulai diterapkan oleh Smartfren saat ini telah mendukung handset yang sudah ada.

Artinya, handset yang mengusung antena 2x2 pun telah dapat menggunakan koneksi dari teknologi tersebut. Diakui Christian, pihaknya telah mengenal 4x4 pada Agustus 2016.

Namun karena jumlah perangkat yang didukung oleh teknologi tersebut dinilai minim, pihaknya lebih memilih teknologi Massive MIMO.

"Pada Agustus, kami sudah mengenal namun ditahan dulu untuk Massive MIMO karena handset yang didukungnya terbatas," kata Chrsitian. Dengan teknologi yang diusungnya, penerapan jaringan Pre-5G telah dapat digunakan pada handset yang tersedia saat ini.

(ahl)


Baca Juga

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris