Teknologi 4,5G Mampu Bantu Teknopreneur di Indonesia

Teknologi 4,5G Mampu Bantu Teknopreneur di Indonesia

BTS. (Foto: EDN)

JAKARTA - Sebagai langkah awal dalam menerapkan jaringan 5G di tanah air, saat ini beberapa operator diketahui telah memperkenalkan teknologi di jaringan 4,5G. Apa sebenarnya manfaat dari penerapan teknologi tersebut?

Mohamad Rosidi, Deputi Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia mengatakan bahwa teknologi tersebut akan membantu teknopreneur untuk mengembangkan usaha, sehingga tercipta lebih banyak usaha rintisan teknologi di 2020.

Bagi Indonesia, jaringan 4,5G akan membantu dalam realisasi pengembangan smart city, dan kreativitas di bidang digital, serta mempercepat implementasi teknologi pita lebar.

Lebih lanjut, Rosidi mengatakan, jaringan 4,5G akan memberikan tiga manfaat penting ada pengguna seluler di Indonesia yaitu kecepatan unduh yang tinggi, penggunaan aplikasi pintar di kehidupan sehari-hari, dan tingkat latensi yang rendah sehingga memungkinkan transfer data yang lebih cepat melalui nirkabel.

"Teknologi 4,5G mampu menghasilkan kecepatan sebesar 1 Gbps memungkinkan pengguna untuk mengunduh video Blu-Ray 25GB hanya dengan waktu kurang dari dua menit," kata Rosidi di Jakarta, Senin (17/1/2017).

"Pengguna juga dapat menikmati film serial dan streaming video full HD tanpa gangguan buffering dan jaringan latensi rendah karena delay 10ms," imbuhnya.

Sebagai gambaran, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Ernst and Young, pada 2016 terdapat jumlah pengguna internet sebesar 93,4 juta dan 71 juta pengguna ponsel pintar di Indonesia. Dengan demikian hadirnya teknologi jaringan 4,5G ini dikatakan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan akses data yang lebih cepat.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih