Teknologi 4,5G Internet Super Cepat, Buat Apa?

Teknologi 4,5G Internet Super Cepat, Buat Apa?

(Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Dengan jaringan 4G yang digaungkan operator telekomunikasi di Tanah Air, sudah cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas online dan menunjang ekonomi digital nasional. Kini, operator mulai melirik jaringan 4,5G yang disebut-sebut dua kali lipat kecepatan 4G.

Teorinya, bila 4G sanggup mencapai kecepatan 150Mbps, maka 4,5G seharusnya mencapai 300Mbps. Kecepatan tersebut akan semakin mumpuni untuk untuk mendukung video streaming dengan kualitas HD dan pengalaman lebih baik untuk aplikasi tertentu yang memerlukan latensi waktu yang kecil.

Dengan Internet of Things yang semakin tumbuh, sehingga teknologi 4,5G mendukung waktu respon yang lebih cepat dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Untuk itu, Indosat Ooredoo membangun konsep baru Data Center.

Data Center yang kini terletak di Jakarta dan Surabaya berfungsi sebagai induk bagi EDGE POP yang ditempatkan di titik-titik kota tertentu. Secara sederhana EDGE POP bertindak sebagai penghubung antara Data Center utama dengan request user atau pelanggan mobile.

Sehingga, adanya EDGE POP tersebut bisa menurunkan masalah pada network latency. Tidak hanya menurunkan latensi, tetapi juga memberikan internet berkecepatan tinggi karena didukung 4,5G.

Aplikasi sensitif yang memerlukan latensi waktu yang rendah seperti game online dan IoT. IoT seperti diketahui, mulai marak perangkat pintar di rumah tangga yang terhubung dengan internet, seperti mesin cuci pintar, Smart TV, CCTV dan lain-lain.

(ahl)

Baca Juga

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler