Network Sharing Percepat Penetrasi Internet di Indonesia

Network Sharing Percepat Penetrasi Internet di Indonesia

Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rencana pemerintah untuk melakukan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 52 Tahun 2000 mengenai Penyelenggara Telekomunikasi merupakan langkah untuk mempercepat penetrasi internet di seluruh Indonesia. Salah satu poin yang akan diatur di dalam PP tersebut adalah Program Network Sharing antar operator di Indonesia.

Dikatakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Henry Subiakto, Proyek Network Sharing akan mengedepankan prinsip keadilan untuk para operator. "Intinya kita tidak akan merugikan pemilik infrastruktur. Semua akan mendapat win-win solution," ujarnya di kantor Okezone, Kamis (19/1/2017).

Ia melanjutkan bahwa tren industri telekomunikasi di masa depan bersifat konvergen. Ini berarti, harus ada kerjasama yang harmonis di antara para operator. "Network sharing adalah sebuah keniscayaan," paparnya singkat.

Namun ia masih enggan membeberkan sejauh mana revisi PP tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong agar revisi PP dapat diaplikasikan tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa Kominfo mendukung percepatan revisi Peraturan Pemerintah No 52 Tahun 2000 mengenai Penyelenggara Telekomunikasi.

"Revisi PP diperlukan untuk membangun Indonesia agar tidak tertinggal. Network sharing itu harus, bukan barang baru," ujar Rudi beberapa waktu yang lalu.

(kem)

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator