Tri Mulai Tinggalkan Jaringan 2G

Tri Mulai Tinggalkan Jaringan 2G

(Foto: Okezone/Lely)

JAKARTA - Teknologi jaringan 2G secara bertahap akan dinonaktifkan oleh operator telekomunikasi Tri Indonesia. Langkah ini bahkan telah dilangsungkan oleh Tri di beberapa daerah di Tanah Air.

"Kita akan mematikan 2G bertahap, pengguna 2G sudah mulai turun," kata Vice President Director Tri Indonesia, Danny Buldansyah, Selasa (24/1/2017).

Langkah ini juga didukung dengan penurunan pengguna handset 2G. Berdasarkan catatan Tri Indonesia, pengguna jaringan 2G hanya sejumlah 10% dari total penggunanya.

Tahap pencabutan jaringan 2G dijelaskan oleh Danny, berlangsung selama dua tahun dan diprediksi akan rampung pada 2018. Menurutnya, keputusan Tri ini tidak akan berdampak besar bagi pengguna.

"Ada kota-kota yang memang 2G nya sudah enggak ada dan pelanggan sekarang 80% smartphone. Jadi yang punya 2G cuma sedikit banget. Yang terdampak kalau 2G dimatikan secara nasional barangkali cuma 10%" jelas Danny.

Langkah Tri ini kemungkinan berlangsung di pulau Jawa, mengingat pengguna 2G masih didominasi oleh pengguna di luar Jawa.

(kem)

Baca Juga

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler