Alasan Jenius di Balik Penciptaan 'Solitaire', 'Hearts', 'FreeCell', dan 'Minesweeper'

Alasan Jenius di Balik Penciptaan 'Solitaire', 'Hearts', 'FreeCell', dan 'Minesweeper'

(foto: Mirror)

REDMOND - Pengguna PC berbasis Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan seperti 'Solitaire', 'Hearts', 'FreeCell', dan 'Minesweeper'.

Dikutip dari Mirror, Senin (30/1/2017), keempat game tersebut telah berada di komputer Windows sejak puluhan tahun yang lalu. Namun tahukah Anda? Terdapat alasan jenius di balik penciptaan game-game tersebut.

Di tahun 1990, komputer masih terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat. Untuk meningkatkan literasi komputer di masyarakat, Microsoft menggunakan permainan sebagai cara yang tepat untuk melakukan edukasi.

Ambil contoh 'Solitaire'. Permainan kartu itu diciptakan untuk mengajarkan masyarakat penggunaan mouse. Dengan kata lain, masyarakat diajarkan cara melakukan 'drag' dan 'drop' di saat itu.

Tak hanya 'Solitaire', 'Minesweeper' juga memainkan peran penting. Permainan yang diperkenalkan pada 1992 tersebut, dihadirkan untuk melakukan pemahaman terkait penggunaan klik kiri dan klik kanan.

Sementara itu, 'Hearts' diciptakan untuk memberikan pemahaman mengenai cara berkomunikasi dengan pemain lainnya menggunakan LAN. Terakhir, 'FreeCell' dirilis Microsoft untuk pengujian sistem perangkat lunak

(kem)

Baca Juga

Wah, Nintendo Bakal Hadirkan Lagi N64 Classic Edition

Wah, Nintendo Bakal Hadirkan Lagi N64 Classic Edition