Dibalik Kesuksesan Bapak Game Pac Man

Dibalik Kesuksesan Bapak Game Pac Man

Foto: Dok. CNN

JEPANG - Masaya Nakamura adalah pendiri Namco yang merupakan perusahaan Jepang di balik populernya dot-munching video game pada 1955. Perusahaan menjadi Bandai Namco setelah menggabungkanya dengan perusahaan game pada 2005.

Nakamura meninggal pada 22 Januari. Game ‘Pac Man’ sendiri diracang oleh seorang insinyur video game yakni Toru Iwatani dan dirilis pada 1980. Setelah dirilis, game tersebut dipuja oleh para audience-nya.

Game ini sendiri telah terjual lebih dari 100 ribu unit pada tahun pertama di Amerika Serikat. Selain itu, namanya juga semakin mendunia dan masuk Guinness World Record pada 1981. Demikian seperti dilansir dari laman CNN.

Pac Man ini rata-rata telah dimainkan lebih dari 10 juta kali. ‘Pac Man’ diadaptasi untuk handphone, Nintendo, Xbox, dan Play Station. Selain itu, game tersebut juga telah menginspirasi para animasi film, TV series, dan barisan merchandise serta memorabilia.

Menurut Bandai Namco, ide ikonik dari ‘Pac Man’ sendiri terinspirasi dari piza. Dalam bahasa Jepang, nama tersebut memiliki arti ‘paku-paku’ yang mendiskripsikan suara ‘Pac Man’ memakan titik-titik. (afr)

(kem)

Baca Juga

Deretan <i>Game</i> Gratis Terbaik di iPhone (2-Habis)

Deretan Game Gratis Terbaik di iPhone (2-Habis)