2021, Indonesia Bakal Miliki Satelit Sendiri

2021, Indonesia Bakal Miliki Satelit Sendiri

Ilustrasi (Foto: Ibtimes)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan proyek satelit multifungsi sebagai Proyek Strategis Nasional. Proyek tersebut diharapkan rampung 2021, sehingga Indonesia bisa memiliki satelit sendiri.

"Ada satelit. Kita akan punya satelit sendiri. Prosesnya dimulai 2017, penetapannya kan 2018, nanti dia kan harus pabrikasi (proses pembuatan barang) 2 tahun. Jadi, 2021 kita punya satelit sendiri. Punya pemerintah dan dipakai untuk kepentingan pemerintah utamanya," ungkapnya dalam rapat bersama Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) di Gedung Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Anggaran yang dibutuhkan untuk proyek tersebut pun tidak sedikit. Dana yang dibutuhkan diperkirakan mencapai USD400 juta. Sementara waktu yang dibutuhkan dari tender sampai peluncuran diperkirakan memakan waktu 36-48 bulan.

"Tapi kan tergantung segmennya seperti apa. 2017 itu kuartal ke-3 mulai tender, kemudian penetapan pemenang. Kontraknya itu 2018 pertengahan rencananya. Setelah itu financial closing, baru fabrikasi. Fabrikasi itu sendiri untuk awal satelit, kan enggak bisa menang tender sekarang terus beli ke Glodok langsung. Itu kan butuh 36-48 bulan sampai peluncurannya," tukasnya.

Menurutnya, biaya yang dibutuhkan besar jumlahnya karena proyek satelit tersebut akan dipergunakan untuk banyak kegunaan. Salah satunya untuk mendukung akses internet berkecepatan tinggi atau 4G di daerah pedesaan.

(ahl)

Baca Juga

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler

Gara-Gara Iklan Nyinyir, BRTI Surati Operator Seluler