Besi Berasal dari Luar Angkasa Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Besi Berasal dari Luar Angkasa Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

(Foto: Geology)

JAKARTA – Penemuan astronomi modern berhasil mengungkap bahwa logam besi yang ada di Bumi ternyata berasal dari benda-benda luar angkasa. Temuan modern ini mengungkap logam berat di alam semesta dibuat dan dihasilkan di dalam inti bintang-bintang raksasa.

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk disebutkan bahwa besi tidak dihasilkan dari sistem tata surya. Besi hanya dapat dihasilkan dari bintang-bintang yang berukuran lebih besar dari matahari yang suhunya mencapai ratusan juta derajat.

Bintang memiliki batas kemampuan dalam menanggung jumlah besi yang dihasilkan. Saat jumlahnya melebihi batas tertentu, maka bintang tersebut akan meledak. Peristiwa meledaknya bintang dikenal dengan istilah 'supernova'.

Ledakan tersebut mengakibatkan meteor-meteor yang mengandung besi berhamburan ke seluruh penjuru alam semesta. Kemudian, meteor yang mengandung besi itu tertarik oleh gaya gravitasi benda-benda angkasa lain, termasuk Bumi.

Peristiwa ini menjelaskan bahwa besi turun ke Bumi melalui meteor-meteor yang jatuh akibat ledakan bintang besar di luar angkasa. Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam kitab suci Alquran.

"Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa," Surah Al Hadid Ayat 25.

Dalam ayat tersebut kata 'anzalnaa' dalam bahasa Arab berati 'kami turunkan'. Penggunaan kata ini untuk besi dapat diartikan 'kami ciptakan' yang bermakna diturunkan dan dianggap merupakan kata kiasan untuk menjelaskan manfaat besi bagi manusia.

Namun jika menggunakan makna harfiah dari kata ini, yaitu 'secara fisik diturunkan dari langit', maka manusia bisa menyadari bahwa ayat Alquran tersebut mengungkap keajaiban ilmiah yang luar biasa.

(ahl)


Baca Juga

Techno of The Week: Mobil Lewati Trotoar hingga Teleskop Australia Temukan Gelombang Radio Misterius

Techno of The Week: Mobil Lewati Trotoar hingga Teleskop Australia Temukan Gelombang Radio Misterius