Awas! Partikel Alien Bisa Ganggu Perangkat Elektronik

Awas! Partikel Alien Bisa Ganggu Perangkat Elektronik

(Foto: Zeenews)

JAKARTA - Partikel subatom alien yang turun dari angkasa akan berakibat buruk pada smartphone, komputer, dan perangkat pribadi lainnya. Hal ini sebagaimana disampaikan para ilmuwan asal India, seperti dilansir Financial Express, Senin (20/2/2017).

Saat komputer crash dan layarnya berwarna biru, atau smartphone freez dan membutuhkan waktu yang lama untuk reset, Anda mungkin akan menyalahkan produsen.

Namun bagaimanapun kegagalan operasional perangkat ini dijelaskan peneliti, bisa saja disebabkan oleh partikel bermuatan listrik yang dihasilkan oleh sinar kosmik yang berasal dari luar tata surya.

"Ini adalah masalah yang sangat besar, tetapi sebagian besar tidak tampak ke publik," kata Bharat Bhuva, profesor teknik listrik di Vanderbilt University, Amerika Serikat.

Ketika sinar kosmik berjalan dengan kekecepatan cahaya yang menyerang atmosfer bumi, mereka akan membuat partikel sekunder termasuk neutron, muon, pion, dan partikel alpha. Jutaan partikel itu dapat menyerang tubuh Anda setiap detik. Meskipun jumlah mereka tak terlihat dan tidak diketahui memiliki efek berbahaya pada organisme hidup.

Namun, sebagian kecil dari partikel-partikel ini membawa energi yang cukup untuk mengganggu pengoperasian sirkuit mikro-elektronik. Ketika mereka berinteraksi dengan sirkuit terpadu, mereka dapat mengubah bit individual dari data yang tersimpan dalam memori.

Sulit untuk mengetahui kapan dan di mana partikel-partikel tersebut akan menyerang. Mereka juga tidak melakukan kekerasan fisik sehingga sangat sulit untuk digambarkan.

(kem)

Baca Juga

Ngeri! Ini Penampakan Dua Hewan Berwajah Aneh

Ngeri! Ini Penampakan Dua Hewan Berwajah Aneh