Keren, Robot Restoran Ini Bisa Berinteraksi dengan Manusia

Keren, Robot Restoran Ini Bisa Berinteraksi dengan Manusia

(Foto: Mehrnews)

TEHERAN - Seorang mahasiswa lulusan Robotika Universitas Amirkabir bersama timnya merancang sebuah robot pelayan restoran cerdas. Robot kompleks pertama di Iran ini bahkan mampu melakukan interaksi dengan manusia.

Dijelaskan Esmaeil Mehrabi, robot ini telah dirancang sejak setahun yang lalu. Menurutnya, robot restoran ini dibangun untuk memiliki sistem pendengaran buatan agar dengan mudah berinteraksi dengan manusia dan berbicara dalam beberapa bahasa.

Robot pintar ini akan dijadwalkan untuk meluncur dalam waktu dekat.

"Kami berencana untuk meluncurkan pertama Iran kompleks robot dalam beberapa bulan," kata Esmaeil, dikutip dari Mehr News, Selasa (21/2/2017).

Ia juga menjelaskan bahwa proses order akan dilakukan melalui teknologi modern. Artinya, pelanggan dapat memberikan perintah dengan menggunakan tablet di meja dan bahkan membayar tagihan secara online.

"Robot ini bisa berbicara dengan manusia, menyampaikan rasa bahagia atau kesedihan melalui ekspresi wajah mereka, dengan demikian, menyebabkan rasa koeksistensi yang indah," imbuhnya.

Robot seperti juga sudah digunakan di restoran cepat saji di China, Singapura, Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, dan sejumlah negara lainnya. Namun Mehrabi mengatakan "Mayoritas robot asing bergerak secara khusus, karena sudah ditentukan tugasnya dan tidak mampu berinteraksi dengan manusia. Sedangkan robot kami bergerak berdasarkan algoritma cerdas,"

(kem)

Baca Juga

Wow! 7 Fakta Mengejutkan tentang Venus, dari Planet Terpanas hingga Mirip Hawaii

Wow! 7 Fakta Mengejutkan tentang Venus, dari Planet Terpanas hingga Mirip Hawaii