Tips Memilih Kamera Mirrorless bagi Pemula

Tips Memilih Kamera Mirrorless bagi Pemula

(Foto: Cnet)

JAKARTA - Di era digital, banyak orang ingin menunjukkan eksistensinya. Posting-an dalam bentuk gambar di jejaring sosial kini dinilai lebih menarik dibanding tulisan. Hal ini turut mendorong orang-orang untuk menjepret gambar dengan apik.

Hadirnya kamera mirrorless yang berbobot ringan mampu menarik perhatian pengguna. Dengan kualitas gambar yang sebanding dengan DSLR, kamera mirrorless mampu menggaet banyak pengguna.

Jika Anda ingin ikut menjajalnya, berikut tips memilih kamera mirrorless untuk pengguna pemula.

Kenali kebutuhan Anda

Berbagai perangkat elektronik memiliki segmentasi tersendiri untuk memasarkan produknya, mulai dari entry level hingga pro. Hal ini juga didasarkan pada kebutuhan target pasar perusahaan kamera tersebut.

Jika Anda hendak membeli kamera, kenali kebutuhan Anda untuk kamera tersebut. Anda mungkin tidak membutuhkan kamera dengan spesifikasi yang tinggi hanya untuk menjepret gambar koleksi Anda sendiri.

Bagi pemula, pilihlah kamera mirrorless dengan spesifikasi yang tepat. Spesifikasi kamera seringkali disesuaikan dengan tipe penggunanya.

Pilihan Lensa

Saat Anda membeli kamera mirrorless, Anda akan ditawarkan pilihan kamera body only atau dilengkapi dengan lensa kit atau lensa bawaan. Sama halnya dengan DSLR, kamera mirrorless juga memungkinkan Anda untuk berganti-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang pemula, lensa kit mungkin dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun seiring Anda bergaul dengan fotografi lainnya, Anda akan merasa bahwa keragaman lensa begitu penting untuk fotografer.

Perhatikan Fitur

Beragam fitur ditawarkan oleh berbagai vendor kamera. Dengan budget yang telah Anda siapkan, Anda sebaiknya memilih fitur yang harus dimiliki oleh kamera mirrorless. Namun Anda juga harus menyesuaikan fitur dengan budget Anda.

Beberapa fitur wajib yang dimiliki kamera mirrorless yaitu sensor kamera minimal 4/3, kemampuan shutter speed 30 detik ke atas, Autofokus yang cepat, serta ISO yang besar.

Selain fitur wajib tersebut, beberapa kamera mirrorless juga menghadirkan fitur tambahan yang akan memanjakan Anda untuk berbagai akses misalnya wifi dan bluetooth, GPS, serta touch screen.

Garansi

Hal ini merupakan bagian penting bagi para pengguna pemula. Untuk kamera mirrorless tak jauh seperti produk elektronik lainnya yang memiliki garansi resmi dari produsen dan garansi distributor atau toko.

Akan lebih baik jika Anda memilih kamera mirrorless yang bergaransi resmi karena dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang lebih dibanding garansi distributor.

(kem)

Baca Juga

<i>Nih</i>, Cara Atur iCloud pada Perangkat iOS

Nih, Cara Atur iCloud pada Perangkat iOS