5 Tips Google Play Perlu Diketahui Pengguna Android

5 Tips Google Play Perlu Diketahui Pengguna Android

(Foto: Androidpit)

CALIFORNIA - Google Play Store merupakan toko aplikasi yang hadir untuk para pemiliki perangkat Android. Berikut ini beberapa tips Google Play Store yang perlu diketahui oleh pengguna, seperti dilansir Androidpit, Jumat (3/3/2017).

Instal Aplikasi yang Tak Tersedia di Negara Pengguna

Bila Anda menemukan aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda, maka pengguna disarankan menggunakan VPN. VPN berarti 'virtual private network', yang memberikan koneksi internet aman melalui jaringan private di lokasi di luar pengguna.

Pada dasarnya, layanan VPN membuat Anda seperti mengakses internet dari lokasi yang berbeda. Hal yang perlu diperhatikan ialah, pengguna memilih VPN yang kredibel.

Atur Aplikasi yang Tersedia di Play Store

Google Play Store memiliki area bernama 'My apps & games'. Dari situ, pengguna bisa melihat aplikasi apa saja yang terunduh dan menemukan aplikasi apa saja yang perlu di-update.

Untuk Mengakses 'My apps & games', pengguna bisa membuka Google Play di perangkat Android. Kemudian, buka menu dengan menekan tiga garis horizontal di pojok atas, lalu pilih 'My apps & games'.

Fitur Parental Lock di Google Play

Bila pengguna tidak ingin sang buah hati mengakses aplikasi yang tidak pantas untuk usianya, maka Google Play menghadirkan kontrol orangtua untuk mencegah hal itu terjadi. Dengan demikian, anak terhindar dari aplikasi game yang mengandung kekerasan atau aplikasi berbahaya yang mengetahui lokasi keberadaannya.

Akses Refunds di Google Play

Pengguna bisa mendapatkan refunds untuk pembelian Play Store dengan satu langkah tunggal. Saat pengguna membeli aplikasi, di halaman Play Store akan terlihat Install atau Open.

Opsi Refund seharusnya muncul di bagin kiri. Ketuk tombol refund dalam waktu dua jam setelah pengguna membeli aplikasi untuk mengambil kembali uang pengguna.

Periksa Aplikasi 'Indie Corner'

Developer besar dan kecil menjadi satu ekosistem dalam platform Android. Developer besar mungkin tidak mengalami kesulitan, namun developer kecil tentunya harus memiliki ruang khusus.

Ruang tersebut yakni Indie Corner. Indie Corner tidak ditemukan di dalam Play Store. Untuk menemukannya, pengguna bisa mengakses web-browser di perangkat Android dan mencari 'Indie Corner'.

Hasil pencarian pertama seharusnya memunculkan 'Discover Indie Corner' dari Google Play. Pengguna bisa mengaksesnya dan melihat aplikasi baru setiap bulan.

(ahl)

Baca Juga

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel