Live Streaming di Facebook dan Instagram, Mana yang Paling Makan Kuota Data?

Live Streaming di Facebook dan Instagram, Mana yang Paling Makan Kuota Data?

(Foto: Screenshot)

JAKARTA - Aplikasi live streaming cukup menjamur beberapa waktu belakangan ini. Layanan yang sudah memiliki base pengguna yang banyak seperti Facebook dan Instagram, juga bisa dimanfaatkan untuk live streaming.

Tidak hanya itu, aplikasi layanan pesan seperti LINE dan Hangouts juga menawarkan fitur video, namun lebih bersifat private karena sifatnya video call.

Okezone melakukan pengujian sederhana yang menunjukkan adanya perbedaan konsumsi kuota data dari setiap aplikasi live streaming tersebut.

Memanfaatkan fitur Data Usage yang telah tersedia di Android, kemudian menuju App usage untuk melihat berapa besar data yang termakan saat menjalankan live streaming sekira 3 menit.

Pada aplikasi Instagram, menjalankan fitur Live Video selama 3 menit, maka memakan data sebesar 23 MB, sementara pada data background, menunjukkan konsumsi yang cukup kecil, 0,6 MB.

Pada aplikasi Facebook, menjalankan fitur Live selama 3 menit, mengonsumsi data sebesar 26,79 MB dan data background yang terpakai sebesar 4,1 MB.

Sementara untuk aplikasi LINE dengan fitur video call-nya, menjalankan fitur ini selama 3 menit, memakan data sebesar 14,33 MB. Sedangkan data background menghabiskan 638 KB.

Untuk aplikasi Google Hangouts, dalam durasi yang sama, fitur video call-nya mengonsumsi 12,49 MB. Sedangkan data background yang termakan cukup kecil, yakni 0,01 MB.

Dari temuan ini, bisa ditemukan bahwa on-air di Instagram dan Facebook selama sekira 3 menit, maka pengguna harus siap-siap menghabiskan lebih dari 20 MB. Sementara pada fitur video call, cukup kecil yakni di bawah 15 MB untuk durasi 3 menit.

Saat aplikasi diam, rupanya data usage pengguna bisa terus berjalan di background. Untuk menghentikan terhisapnya data yang berjalan di background, maka pengguna bisa mengaktifkan Restrict app background data pada pengaturan di Android.

Untuk lebih aman dari konsumsi data yang besar bila menggunakan Mobile Data, pengguna bisa memanfaatkan konektivitas WiFi bila tersedia.

(ahl)

Baca Juga

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel