Techno of The Week: Cara Optimalkan Performa Smartphone untuk Main Game

Techno of The Week: Cara Optimalkan Performa Smartphone untuk Main Game

(Foto: Hexus)

JAKARTA - Pengguna mungkin pernah menemukan gambar atau video yang kurang mulus atau lagging saat memainkan game 3D di Android. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang tengah berjalan di background.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk mengoptimalkan performa smartphone saat bermain game.

Matikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Umumnya aplikasi yang tersembunyi atau dalam kondisi minimize, masih berjalan dan memakan memori. Sebaiknya pengguna segera menutup aplikasi itu, sehingga handset bisa lebih mulus saat menjalankan permainan.

Baterai Smartphone dalam Kondisi Penuh

Untuk bermain game 3D yang cukup berat, maka pengguna perlu menyiapkan baterai yang terisi penuh. Hindari membiarkan baterai berada di bawah 20 persen saat bermain game bila tidak ingin menemukan kinerja ponsel yang kurang maksimal atau melambat.

Hilangkan Cache dan File Junk

Agar handset tidak lemot karena terlalu banyak cache file atau file junk, maka membersihkan file tersebut bisa dilakukan secara manual. Dengan menghapus cache dan file junk ini, maka ponsel diharapkan bisa bekerja lebih optimal.

Hapus Widget

Widget bisa memakan daya baterai, terlebih bila pengguna menggunakannya untuk live wallpaper disertai animasi-animasi. Widget membuat smartphone bekerja keras dan membuat game berjalan lambat.

Update Firmware

Memperbarui firmware bisa membuat sistem berjalan lebih baik dengan aplikasi versi terbaru. Dengan melakukan update firmware, handset bisa mengalami peningkatan dari sisi performa.

(ahl)

Baca Juga

Adu <i>Smartphone</i> RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus

Adu Smartphone RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus