Tips Aman Menggunakan WiFi Publik (1)

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik (1)

(Foto: Reuters)

JAKARTA - WiFi gratis yang tersedia di berbagai lokasi publik seperti kafe, bandara dan hotel seringkali dimanfaatkan oleh pengguna internet. Selain digunakan untuk mengakses jejaring sosial, tak sedikit pengguna yang memanfaatkan WiFi publik untuk mengirimkan dokumen.

Tanpa disadari, para hacker juga memanfaatkan jaringan WiFi untuk menyadap data pribadi pengguna. Untuk menghindari resiko serangan hacker tersebut, berikut tips aman menggunakan WiFi publik dikutip dari Norton.

Jangan Tinggalkan Laptop dan Telefon

Saat Anda terhubung pada WiFi publik, pastikan Anda memantau akses yang berjalan pada perangkat Anda agar Anda bisa mengetahui dan mengontrol akses yang mencurigakan.

Atur Jaringan

Saat Anda berada di area publik, atur pengaturan perangkat Anda untuk terhubung ke jaringan secara manual. Jangan mengatur jaringan untuk terhubung secara otomatis.

Pastikan Akses Jaringan yang Legal

Anda perlu memastikan WiFi publik yang akan Anda gunakan legal, dengan bertanya kepada penyedia WiFi untuk mengonfirmasi nama jaringan dan memastikan proses koneksi. Hal ini akan membantu Anda untuk terhindar dari jaringan tipuan yang dibuat mirip oleh para hacker untuk mengecoh pengguna.

Matikan Fitur Sharing

Matikan fitur berbagi file (file sharing) saat Anda terhubung pada WiFi publik. Anda juga disarankan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang terakses oleh WiFi publik. Untuk menonaktifkan fitur file sharing, Anda dapat membuka pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.

(ahl)

Baca Juga

Adu <i>Smartphone</i> RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus

Adu Smartphone RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus