Tips Aman Menggunakan WiFi Publik (2-Habis)

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik (2-Habis)

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Masyarakat Indonesia seringkali menggunakan WiFi publik untuk berselancar di dunia maya. Namun ternyata, WiFi publik memiliki kerentanan diserang oleh hacker dengan menggunakan jaringan yang sama.

Anda tentunya tak mengingkan data pribadi Anda disadap oleh hacker. Untuk menghindari resiko serangan hacker tersebut, berikut tips aman menggunakan WiFi publik.

Jangan Bertransaksi Perbankan Online

WiFi publik dapat merekam berbagai akses internet yang Anda lakukan. Untuk menjaga keamanan data Anda, sebaiknya jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan WiFi publik. Anda bisa melakukan transaksi tersebut melalui jaringan internet pribadi Anda yang lebih aman dan terkontrol.

Batasi Akses Situs

Jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui situs yang Anda akses, maka jangan akses situs yang bersifat pribadi tersebut saat Anda menggunakan WiFi publik. Penggunaan jaringan pribadi akan lebih aman untuk mengakses situs tersebut.

Waspada

Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit komputer-komputer lain yang juga terhubung pada jaringan yamg sama. Anda juga tidak akan menyadari keberadaan hacker yang mengintai jaringan tersebut, sehingga Anda perlu mewaspadai jaringan WiFi publik yang Anda gunakan untuk mengamankan perangkat dan data pribadi Anda.

 

Bijak Menggunakan WiFi Publik

Ambillah keputusan untuk berselancar di dunia maya dengan bijaksana. Selalu hindari penggunaan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting. Hal ini tentunya untuk menghindari kerentanan bahaya serangan hacker.

(ahl)

Baca Juga

Adu <i>Smartphone</i> RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus

Adu Smartphone RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus