Lebih Dekat dengan 2G, Jaringan Legendaris yang Mulai Dilupakan

Lebih Dekat dengan 2G, Jaringan Legendaris yang Mulai Dilupakan

Ilustrasi (foto:Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda perhatikan, perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini sudah semakin pesat. Dimulai pada 1970, saat generasi pertama (1G) pertama kali muncul, hingga kabar mengenai 5G yang kian terdengar di tahun ini.

Dari sekian banyak generasi teknologi telekomunikasi yang bermunculan, 2G menjadi salah satu yang legendaris. Sebab, generasi inilah yang hingga kini masih melakukan tugasnya untuk memeratakan komunikasi di masyarakat.

Dari berbagai literatur yang dikumpulkan Okezone, teknologi 2G hadir untuk menggantikan sistem analog Advanced Mobile Phone System di generasi pertama. Jaringan 2G lahir di awal 1990-an melalui operator Radiolinja dari Finlandia.

Kehadiran 2G juga turut membawa teknologi Global System for Mobile Communications (GSM). GSM menggunakan modulasi digital untuk meningkatkan kualitas suara tetapi jaringan ini menawarkan layanan data yang terbatas.

Dengan banyaknya permintaan dari konsumen pada saat itu, operator 2G terus meningkatkan kualitas transmisi dan jangkauan. Operator 2G juga mulai menawarkan layanan tambahan, seperti paging, fax, pesan teks dan pesan suara. Layanan data yang terbatas di bawah 2G termasuk WAP, HSCSD dan MLS.

Di Indonesia sendiri, teknologi 2G hadir di 1993. Kala itu Menristek BJ Habibie memutuskan untuk menggunakan teknologi GSM pada sistem telekomunikasi digital Indonesia. Pada saat itu dibangun 3 BTS.

Di 1996, jaringan GSM mulai familiar di kalangan masyarakat. Sebab, PT Excelcomindo Pratama (sekarang XL Axiata) yang berbasis GSM muncul sebagai operator seluler nasional ketiga. Pada awal kemunculannya, layanan pesan singkat menjadi fenomena tersendiri di masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan telekomunikasi sudah semakin pesat. Secara perlahan, teknologi 2G dianggap tidak dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, masyarakat di luar Pulau Jawa masih banyak yang mengandalkan layanan 2G.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih