Jika 2G Dimatikan, Jaringan 3G Bakal Jadi Tumpuan Pemerintah

Jika 2G Dimatikan, Jaringan 3G Bakal Jadi Tumpuan Pemerintah

Ilustrasi. (Foto: Dreams Time)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memiliki keinginan menutup jaringan 2G pada 2020. Jaringan yang biasa digunakan untuk menelefon dan mengirim pesan singkat itu dinilai telah ditinggalkan masyarakat dan memiliki biaya perawatan yang lebih mahal dari jaringan lainnya.

Jika memang rencana tersebut akan diterapkan, pemerintah nantinya akan bertumpu pada jaringan 3G yang menjadi jembatan antara 2G dengan 4G. Hal itu diungkap Nonot Harsono, mantan Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

"Jika band 2G dihapus bisa jadi nantinya akan dijadikan full 3G. Jaringan 3G sendiri saat ini memiliki peran sebagai jembatan antara voice (telefon) dengan data (internet)," ungkap Nonot kepada Okezone, Selasa (7/3/2017).

Adapun soal keputusan menutup jaringan 2G, ia sendiri mengatakan hal itu tergantung kepada keputusan pemerintah yang akan berpihak kepada siapa. Apakah pemerintah akan berpihak kepada masyarakat yang masih ingin menggunakan 2G atau pihak lainnya.

Beberapa operator yang diketahui telah mulai mendorong migrasi dari 2G ialah Tri dan XL. Hutchison Three (Tri) misalnya, akan secara bertahap mematikan jaringan 2G di beberapa daerah di Indonesia. Hal itu dilakukan karena berdasarkan jumlah pelanggan, pengguna 2G sudah mengalami penurunan.

"Kita akan mematikan 2G bertahap, karena pengguna 2G juga sudah mulai turun," kata Vice President Director Tri Indonesia, Danny Buldansyah, kepada Okezone, Selasa 24 Januari 2017. Berdasarkan data Tri, jumlah jaringan 2G miliknya hanya mencapai 10%.

Sementara XL Axiata tengah melakukan hal tersebut dengan menggencarkan migrasi ke 4G yang lebih banyak menggunakan data. Hal itu diungkap oleh Tri Wahyuningsih, General Manager Corporate Communication XL.

"Hal ini memungkinkan untuk dilakukan jika semua pelanggan 2G sudah beralih ke 3G/4G. XL juga terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan data," ungkapnya saat ditanya soal penutupan jaringan 2G.

Di beberapa negara, jaringan 2G memang telah ditinggalkan. Negara seperti Singapura, Amerika Serikat, Australia, dan Taiwan telah meninggalkannya dan lebih banyak beralih ke teknologi jaringan 4G saat ini.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih