Tarif Interkoneksi Tak Kunjung Usai, Kominfo Cari Verifikator Independen

Tarif Interkoneksi Tak Kunjung Usai, Kominfo Cari Verifikator Independen

Direktur Telekomunikasi Kominfo, Benyamin Sura (Foto: Aditya Gema Pratomo/Okezone)

JAKARTA - Setelah sempat tenggelam beberapa saat, polemik tarif interkoneksi kembali muncul ke permukaan. Setelah sempat tertunda beberapa bulan, Kominfo dan BRTI akan menunjuk verifikator independen untuk menangani masalah ini.

Dalam acara 'Membedah Efisiensi Tarif Interkoneksi', direktur telekomunikasi Kominfo, Benyamin Sura, mengatakan bahwa pihaknya sedang membuka pendaftaran bagi akuntan publik untuk menjadi verifikator.

"Kami sedang membuka pendaftaran bagi para akuntan publik. Diharapkan Mei sudah didapat pemenangnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 42 pendaftar verifikator independen. Namun, ia menyebut belum mengecek apakah pendaftar yang diajukan sudah memenuhi kualifikasi untuk menjadi verifikator.

Selain itu, ia juga turut meminta bantuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawai proses ini. Hal itu dilakukan untuk menjaga netralitas dari proses seleksi ini.

Sebagai informasi, rencana penurunan tarif interkoneksi tertuang dalam Surat Edaran Nomor 1153/m. Kominfo/PI.0204/08/2016 pada Agustus 2016. SE tersebut berisikan penuruna tarif interkoneksi yang secara agregat turun sebesar 26%. Namun, kebijakan itu disambut pro dan kontra oleh kalangan operator. (ahl)

(kem)

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator