Tips untuk Youtuber Agar Subscriber Terus Bertambah

Tips untuk Youtuber Agar Subscriber Terus Bertambah

(Foto: Kustin Ayuwuragil Desmuflihah/Okezone)

JAKARTA - YouTube telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia hanya dalam setahun. Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia bahkan menyebut bahwa jumlah konten yang diunggah dari Indonesia meningkat 278 persen dari tahun lalu.

Chandra Liaw dan Tony Liem yang hari ini mendapatkan gold Play button YouTube hari ini juga mengonfirmasi hal tersebut. Perjuangan mereka mendapatkan 1 juta subscriber jauh lebih mudah pada tahun-tahun terakhir ini dibandingkan ketika mereka pertama kali memulai karir sebagai YouTuber pada 2009.

"Kami sangat bangga bisa mendapat gold play button karena mendapatkan subscriber dulu ketika kami memulai itu sama sekali enggak mudah. Kami dapat 1 juta subscriber Just 5 minutes before today. Mendapatkan subscriber baru agak mudah belakangan ini saja," ujarnya.

Kemudahan itu tentu ada hubungannya dengan jumlah penonton atau massa yang hari ini bisa mengakses YouTube. Situs berbagi video itu konon sudah mengantongi satu miliar jam video yang bisa ditonton selama seribu tahun.

Namun bagi YouTuber Kevin Hendrawan, sebenarnya kesulitan untuk mendapatkan follower atau subscriber presentasinya sama saja dengan dulu. Oleh karena itu, perlu trik untuk menggaet pemirsa YouTube.

"Lebih gampang dapat subscriber karena massanya memang lebih banyak daripada dulu. Kalau kesulitannya sebenernya sama kalau kita bilang presentasinya karena itu perlu bikin engadgement," ujarnya.

Lebih lanjut, presenter televisi ini menjelaskan bahwa penonton YouTube juga adalah manusia. Mereka perlu diperlakukan seperti manusia agar mendapatkan perhatian seperti yang diinginkan.

"Followers ataupun viewers itu kan juga manusia. Kita perlakukan mereka dengan baik sebagaimana kita ingin diperlakukan," pungkasnya.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Tips Hapus <i>E-Mail</i> di Mail iPhone

Techno of The Week: Tips Hapus E-Mail di Mail iPhone