Tips Cegah Anak Akses Konten Negatif di Ponsel

Tips Cegah Anak Akses Konten Negatif di Ponsel

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Ponsel menjadi barang yang mudah ditemukan anak ketika orangtua menaruhnya di tempat yang bisa dijangkau oleh mereka. Terkadang, anak bermain ponsel dan sudah pintar mengakses aplikasi pada ponsel.

Untuk mencegah kemungkinan pengaruh negatif dari konten-konten yang tidak cocok untuk anak-anak, berikut ini tips yang bisa Anda perhatikan.

Aktifkan Restricted Mode di YouTube

Dengan mengaktifkan restricted mode, ini membantu menghindari konten yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak. Pengguna perlu menyimpan opsi ini dan pastikan setiap browser yang Anda pakai telah mengaktifkan restricted mode tersebut.

Untuk mengaktifkannya, fitur ini terletak di posisi paling bawah dari browser Anda. Sedangkan pada versi aplikasi YouTube di mobile, fitur ini berada di Settings, kemudian pilih General dan temukan restricted mode.

Aktifkan Parental Controls

Bila Anda memiliki ponsel Android, sebaiknya Anda memaksimalkan fitur untuk mencegah anak mengakses konten negatif di Google Play. Dengan mengaktifkan fitur Parental Controls di Settings Google Play, maka pengguna bisa membatasi konten yang bisa diunduh sesuai tingkatan usia anak.

Bikin Akun Google Secara Khusus

Apabila Anda mengizinkan anak untuk mengakses YouTube di perangkat mobile atau PC desktop, maka Anda perlu membuat akun Google khusus. Dengan membuat akun Google baru, maka pengguna bisa memonitor video apa yang ditonton oleh anak dan apa yang diunggahnya serta ia sharing.

Anda bisa mengetahui history video YouTube ini bila login dengan akun yang sama di perangkat mobile milik Anda pribadi.

Duduk Bersama Anak

Cara paling efektif untuk mencegah konten negatif terpapar pada anak, maka orangtua bisa menemani dan mengawasi anak saat menonton tayangan video yang disaksikannya. Bila anak suka dengan konten tertentu khusus anak-anak, maka mintalah anak untuk melakukan subscribe video tersebut.

Dengan demikian, pada saat anak login atau masuk ke YouTube, ia akan memiliki peluang untuk langsung menemukan video baru dari saluran anak-anak yang ia sukai tersebut.

(ahl)

Baca Juga

7 Tips Ini Bikin Baterai Ponsel Anda Tahan Lama (2-Habis)

7 Tips Ini Bikin Baterai Ponsel Anda Tahan Lama (2-Habis)