Adu Smartphone Tahan Air, Samsung Galaxy A5 (2017) vs Sony Xperia XZ

Adu Smartphone Tahan Air, Samsung Galaxy A5 (2017) vs Sony Xperia XZ

Foto: Okezone/ Kustin Ayuwuragil

Smartphone dengan kemampuan tahan air kini semakin banyak tersedia di pasaran. Tak hanya smartphone berkaliber tinggi seperti Galaxy S7 atau iPhone 7, smartphone dengan budget tengahan kini juga mulai dibekali kemampuan tahan air.

Okezone berkesempatan untuk merasakan ‘main air’ dengan Galaxy A5 (2017). Smartphone tersebut sudah dibekali dengan sertifikasi IP68 yang artinya dia tahan air dan debu. Jika diadu dengan Xperia XZ yang rilis pada Oktober 2016, mana yang lebih menang spesifikasinya?

Sebelum membahas spesifikasi masing-masing perangkat, berikut review Okezone menjajal Galaxy A5:

Desain dan Layar

Galaxy A5 bisa disebut sebagai ‘adik’ Galaxy S7 karena memiliki desain yang tidak terlalu jauh berbeda. Dia diselimuti kaca dan metal kuat di bagian depan dan belakang. Penampilannya sangat elegan bahkan sulit dibedakan dari kakaknya.

Di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol yang memungkinkan pengguna untuk kembali ke home, kembali ke layar sebelumnya dan melihat seluruh aplikasi yang sedang berjalan di background. Di samping itu, terdapat tombol volume dan power di masing-masing kanan kiri bodi perangkat yang cukup ramping ini.

 

Meski dibanderol separuh harga dari Galaxy S7, smartphone unibody ini terasa premium dengan pilihan warna-warna seperti hitam, putih dan gold. Sementara itu, layar A5 juga memiliki mode layar yakni Adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED photo dan Basic.

Layarnya berukuran 5,2 inci Super AMOLED dengan warna yang cukup tajam bahkan jika Anda tidak terlalu peduli dengan perbedaan mode layar yang disediakan. Jika iPhone memiliki Night Shift untuk mengubah layar menjadi kuning, Samsung memberi fitur Blue Light Filter yang bisa mengurangi kelelahan mata ketika digunakan saat malam tiba atau saat bersiap tidur.

Selain itu, handset ini juga memiliki Always On Display yang akan menampilkan informasi penting bahkan saat layar utama mati. Anda bisa menyetel informasi apa saja yang diperlukan seperti waktu atau tanggal.

Performa

Samsung membekali Galaxy A5 (2017) dengan prosesor 1.9 Ghz 64 bit Octa-core. Prosesor tersebut tentu bukan yang tercepat di 2017. Namun jika Anda bukan penggila game mobile, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Okezone menjajal smartphone ini untuk memainkan beberapa game ringan seperti Candy Crush hingga SimCity Freeplay. Beberapa aplikasi music streaming dan film juga bisa dijalankan dengan baik.

Namun Anda memang tidak bisa membandingkan performa perangkat ini dengan Galaxy Note 7 atau pun Galaxy S7 dan S7 Edge. Seperti yang dapat Anda lihat dalam benchmark di atas, Galaxy A5 (2017) ketinggalan poin cukup jauh dibanding kakak-kakaknya.

Kamera

Fitur kamera adalah salah satu andalan dari perangkat ini. Samsung memberikan kamera 16MB baik di belakang dan di depan. Artinya, kualitas kamera depan dan belakang smartphone ini sama baiknya, hanya saja kamera selfie-nya dilengkapi beberapa fitur khusus seperti beautification dan foto otomatis dengan gesture.

 

Tidak seperti smartphone budget lainnya, handset ini mampu merekam video full HD dan termasuk lampu flash LED. Berikut beberapa hasil jepretan dengan Galaxy A5 2017.

Seperti dapat dilihat, hasilnya baik walaupun di dalam ruangan, pada saat malam hari, atau saat obyek kurang cahaya. Pencinta fotografi dapat memanfaatkan smartphone ini dengan lebih baik karena terdapat pengaturan ISO dan white balance.

Fitur

Samsung melengkapi Galaxy A5 (2017) dengan fitur tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68 yang memungkinkan smartphone untuk berada di dalam air 1,5 meter selama 30 menit. Namun percobaan Okezone untuk IP68 di perangkat ini tidak memberikan hasil yang terlalu baik.

Saat dimasukkan ke dalam bak air yang bahkan tidak berkedalaman 1,5 meter dan dalam waktu yang tidak lebih dari 5 menit, smartphone sudah mengalami masalah saat hendak diisi baterai. Okezone terus menemukan pesan “moisture detected error” bahkan setelah beberapa jam dikeluarkan dari air.

 

Namun perangkat masih berjalan dengan baik. Layar tidak mengalami masalah, begitu juga dengan audionya. Masalah pengisian baterai juga bisa diatasi setelah melakukan tips ini.

Selain tahan air, Samsung juga memberikan fitur premium lain yaitu pemindai sidik jari. Anda juga bisa menemukan NFC, port USB type C, GPS, Bluetooth dan Wifi Direct. Selain itu, ia berjalan dengan Android Nougat dan dibekali mode anak.

Baterai

Baterai dengan daya 3000 mAh diselipkan Samsung pada Galaxy A5 (2017). Perusahaan asal Korea Selatan itu mengklaim perangkat ini memiliki waktu bicara hingga 16 jam, waktu pengguna internet 4G 16 jam dan waktu memainkan video 19 jam.

 

Dari percobaan Okezone, penggunaan aktif tidak bertahan selama itu. Saat digunakan menonton film secara streaming, handset ini hanya berjalan sekitar 6-7 jam. Pada mode standby, Galaxy A5 (2017) bisa bertahan tiga hari tanpa di-charge sama sekali.

Waktu pengisian dari smartphone ini memang cukup cepat berkat Quick Charging. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mode hemat baterai jika memang sangat membutuhkan daya dalam waktu yang lama.

Dibandingkan Xperia XZ

 Sony juga menghadirkan smartphone dengan kemampuan dan sertifikasi smartphone tahan air dan debu lainnya melalui hadirnya Soni XZ. Jika dibandingkan, smartphone tersebut memiliki bentang layar yang sama dan IP68 yang sama.

Hanya saja, XZ merupakan smartphone andalan Sony tahun lalu yang membawa chipset jauh lebih baik yakni dengan Snapdragon 820 dan kamera utama 23 MP. Karena itulah, tak heran apabila smartphone ini dibanderol dengan harga lebih tinggi dan memang ditujukan untuk konsumen high-end yang sekelas dengan Galaxy S7 dan S7 edge.

Spesifikasi Galaxy A5 (2017)

Layar 5,2 inci Super AMOLED

Prosesor

RAM 3GB dengan memori internal 32 GB dan tambahan slot microSD hingga 256GB

Grafis Mali-T830MP3

Kamera depan dan belakang 16 MP

Kapasitas baterai 3.000mAh

Android Marshmallow

Ekstra Dual nano SIM

Spesifikasi Xperia XZ

Layar 5,2 inci IPS LCD

Prosesor Qualcomm Snapdragon 820

Grafis Adreno 530

RAM 3 GB memori internal 32/64 GB dengan slot microSD 256GB

Kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP

Kapasitas baterai 2.900 mAh

Android Marshamallow bisa diupgrade ke Nougat

Ekstra Dual SIM

(kem)
TAG : Sony Sony

Baca Juga

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman