NASA Temukan Orbit India yang Hilang

NASA Temukan Orbit India yang Hilang

Foto: Dok. Engadget

INDIA – NASA akhirnya menemukan pengorbitan bulan India yang lama hilang, yakni Chandrayaan. India sendiri kehilangan pengorbitan bulan tersebut pada 2009. Namun sekarang, pengorbitan tersebut sudah ditemukan NASA di lokasinya pada Juli 2016 setelah mencoba menggunakan metode yang digunakan untuk misi lunar di masa depan.

Seperti dinukil dari laman Engadget, Selasa (14/3/2017), Chandrayaan tersebut relatif terlihat mungil, dengan ukuran 5 kaki dari semua sisinya. Hal tersebut juga menjadikannya target yang sempurna untuk eksperimen radar yang dibangun oleh tim peneliti dari Jet Propulsion Laboratory.

Tim ini juga ingin menemukan apakah teknik yang digunakan bisa mengobservasi asteroid kecil yang juga bisa diambil dari pesawat ruang angkasa pada pengorbitan bulan. Metode ini telah merilis radar secara mendasar, karena teleskop sendiri tidak bisa melihat semua sinar memancar.

Sejak Chandrayaan hilang, tim mengirimkan seberkas cahaya dengan kemampuan yang besar ke beberapa tempat di atas kutub. Mereka menggunakan antena dengan ukuran 230 kaki pada NASA’s Goldstone Deep Space Communication Complex di California. Namun, teleskop berukuran 330 kaki di Virginia Barat mendeteksi radar yang bangkit kembali.

Peneliti sendiri takut tidak menemukan apa pun, sejak area bulan mejadi lebih tinggi dari gravitasi pada biasanya. Bagaimanapun, peneliti bisa mendeteksi dua objek yang berbeda menggunakan teknik, yakni mencocokkan Lunar Reconnaissace Orbiter’s. Selain itu, tim juga dapat mencocokkan waktu saat Chandrayaan melengkapi orbitannya.

Sekarang, peneliti telah membuktikan bahwa penyelidikan terhadap pengorbitan bisa dilakukan dengan radar yang berbasis pada tanah tersebut. Saat peneliti menggunakan robot maupun misi manusia, teknik ini juga menjadi mekanis yang lebih aman bagi pesawat luar angkasa untuk berkomunikasi dengan isu di masa depan. (afr)

(kem)
TAG : india india

Baca Juga

Luar Biasa! Ini Jadinya saat Gerhana Matahari 2017 Dilihat dari Ruang Angkasa

Luar Biasa! Ini Jadinya saat Gerhana Matahari 2017 Dilihat dari Ruang Angkasa