Tips Aman Mengunduh Aplikasi di Google Play

Tips Aman Mengunduh Aplikasi di Google Play

(Foto: Marketing Week)

CALIFORNIA - Android memiliki toko aplikasi Google Play. Toko aplikasi itu bisa dimanfaatkan untuk mengunduh aplikasi atau game yang menarik.

Akan tetapi, rupanya tidak semua aplikasi yang muncul di toko aplikasi tersebut aman dari malware. Laporan awal Maret menunjukkan, ada 132 aplikasi yang ditampilkan di Google Play Store ditemukan mengandung malware yang dirancang untuk Windows PC.

Diambil dari berbagai sumber, berikut tips aman agar pengguna terhindar dari malware saat mengunduh aplikasi di Google Play.

Tinjau Ulasan Aplikasi dan Rating Bintang

Sebelum mengunduh aplikasi, pastikan pengguna memeriksa ulasan serta rating bintang. Pengguna juga perlu melihat jumlah download dari aplikasi tersebut. Bila sebagian besar pengguna menulis ulasan yang baik, umumnya menunjukkan bahwa aplikasi itu aman.

Cek Permission

Sebelum pengguna melakukan download aplikasi, biasanya akan muncul permission yang memberitahu bahwa aplikasi ini membutuhkan akses tertentu dari smartphone. Aplikasi yang tampak sederhana, namun aneh karena meminta akses kontak, data pribadi dan lainnya, maka sebaiknya pengguna bisa berhati-hati untuk tidak mengunduh aplikasi itu.

Pasang Antivirus

Bila perlu pengguna memasang antivirus terbaik dan terpercaya yang pengguna pilih untuk mencegah infeksi malware. Dengan demikian, pengguna bisa terhindar dari malware yang ada dalam sebuah aplikasi.

(ahl)

Baca Juga

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime