Tips Menghindari Lensa Berembun (1)

Tips Menghindari Lensa Berembun (1)

Foto: Digital Photography School

JAKARTA – Jika Anda berada di daerah tropis, lensa kamera berembun terjadi ketika Anda mengeluarkan kamera dari ruangan yang dingin. Masalah ini membuat Anda sulit menangkap momen yang ingin Anda abadikan dan tentunya sangat mengganggu.

Beruntung, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mencegahnya. Berikut tips untuk menghindari lensa berembung sebagaimana dilansir dari Digital Photography School:

Memastikan Kamera Berada di Luar

Jika Anda kebetulan sedang berlibur misalnya di Bali yang udaranya cenderung panas, biarkan kamera Anda tetap berada di luar kamar beberapa saat sebelum dipakai. Anda bisa menaruhnya di balkon atau setel ruangan dengan udara yang tidak terlalu dingin.

Biarkan kamera Anda menyesuaikan diri dengan iklim atau cuaca setempat. Biarkan dia menyesuaikan diri setidaknya setengah jam sebelum digunakan.

Keluarkan dari Tas

Jika Anda meletakkan kamera di dalam tas dan menutupnya, maka proses penyesuaian kamera dengan lingkungannya juga akan semakin lama. Meski tidak mengurangi sirkulasi udara yang masuk, tas kamera akan menghalangi aliran udara dan membuat lensa Anda tetap diselimuti udara yang dingin dan kering.

 

Lepas Penutup dan Filter

Tempat yang mengalami paling banyak kondensasi ada bagian depan dari lensa Anda. Untuk itu, lepaskan penutupnya untuk memulai aklimasi. Anda tidak ingin filter UV dan tutup lensa menjaga lebih banyak panas sementara udara lebih lembab mendapatkan bagian depan lensa Anda dan mengaklimasi kondisi luar.

(kem)

Baca Juga

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime