Tips Menghindari Lensa Berembun (2-Selesai)

Tips Menghindari Lensa Berembun (2-Selesai)

Foto: Digital Photography School

JAKARTA  - Gagal mengambil gambar karena kamera berembun memang sangat tidak menyenangkan. Perbedaan udara di ruangan dengan alam pengambilan gambar seringkali menjadi penyebabnya.

Jika Anda ingin menghindari lensa berembun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut sebagaimana dinukil Okezone dari Digital Photography School:

Gunakan Kain Micro-fiber

Jika lensa sudah terkondensasi, Anda hanya perlu menunggu bagian kamera dan lensa untuk menyesuaikan diri dengan udara sekitarnya. Di waktu yang sama, Anda harus secara berkala mengelap bagian depan lensa. Dengan begitu, Anda akan bisa melihat jika kondensasinya kembali.

Sebagai tambahan ketika situasi sangat parah, Anda bisa mengelap lensa dan mengambil gambar sesekali sebelum kamera berembun lagi.

Letakkan Kamera di Koper

Jika Anda sedang bepergian dengan mobil dan berencana mengambil gambar di tujuan maka letakkan kamera di dalam koper. Hal itu akan mencegah kamera terkena AC di dalam mobil yang membuatnya berembun.

Namun jika Anda ingin mengambil foto di perjalanan saat mengendarai mobil, Anda bisa mengecilkan AC atau membuka jendela mobil sekaligus. Dengan begitu, kamera Anda tidak akan menjadi lembab dan kedinginan yang menyebabkan embun.

Perbaiki Hasil Akhir

Foto dengan banyak embun di kameranya sangat buruk sehingga Anda tak bisa memperbaikinya. Namun untuk kamera yang minor, Anda masih melakukan beberapa sentuhan untuk membersihkannya. Anda bisa menggunakan contrast and clarity di Lightroom atau ACR.

(kem)

Baca Juga

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime

Menjajal Xiaomi Rasa Indonesia Pesaing Samsung Galaxy J2 Prime