Otak Memiliki Kekuatan 100 Kali Lebih Besar dari Daya Komputasi

Otak Memiliki Kekuatan 100 Kali Lebih Besar dari Daya Komputasi

Dok. Daily Mail

CALIFORNIA – Para peneliti telah menemukan studi bahwa otak memiliki keaktifan 10 kali lebih banyak dari sebelumnya. Studi terbaru ini adalah komponen dari neuron yang dikenal sebagai dedrit. Peneliti menemukan bahwa mereka tidaklah pasif. Malah sebaliknya, ini merupakan elektrik yang aktif layaknya seperti hewan yang bergerak.

Tidak hanya itu, bahkan otak memiliki kapasitas 100 kali lebih besar dari daya komputasi. Daya komputasi sendiri merupakan sebuah daya untuk memecahkan suatu masalah. Studi dari University of California, Los Angeles (UCLA), juga telah menguji struktur dan fungsi dari dendrite itu sendiri.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, dendrite sendiri telah menyusun lebih dari 90% jaringan saraf. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Neurophysicist dari UCLA, Mayank Mehta.

“Mengetahui bahwa mereka jauh lebih aktif daripada yang fundamental, hal ini secara alami bisa merubah pemahaman kita tentang bagaimana otak yang menginput informasi,” ujarnya.

Dendrite sendiri memiliki volume hampir 100 kali lebih besar dari pusat neuron. Otak mempunyai kapasitas daya komputasi 100 kali lebih besar dari sebelumnya. Peneliti pun coba mengujinya pada seekor tikus.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa cara belajar ketika menginput neuron aktif sama saat dendrite juga aktif, dan ini bisa jadi berbeda saat dendrite tersebut aktif di waktu yang berbeda,” jelasnya. (afr)

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Benda Mirip Botol Bir dan Alien Ditemukan di Permukaan Mars

Techno of The Week: Benda Mirip Botol Bir dan Alien Ditemukan di Permukaan Mars