Media Sosial Membuat Pengguna Merasa Sendiri

Media Sosial Membuat Pengguna Merasa Sendiri

Foto: Dok. News Sky

AMERIKA SERIKAT – Hampir semua masyarakat di dunia pasti memiliki media sosial. Adanya media sosial ini sebenarnya untuk membantu manusia agar terhubung dengan orang lainnya.

Namun apa yang terjadi justru sebaliknya. Media sosial menjadi penyebab para penggunanya merasa lebih sendiri. Hal tersebut seperti diungkapkan dalam studi terbaru yang dilakukan, seperti dikutip dari laman Sky News.

Waktu yang digunakan orang untuk online di Facebook maupun Twitter membuat mereka terasingkan dari dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh psikologis. Dua orang yang biasanya menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk online, maka dia akan merasa terisolasi.

Mereka yang mengunjungi berbagai website sebanyak 58 kali atau lebih maka berisiko mengalami perasaan kesepian. Dibandingkan dengan mereka yang hanya online sebanyak kurang dari sembilan kali per minggu.

Lead scientist dari University of Pittsburgh School of Medicine, Brian Primack, mengatakan bahwa masalah kesehatan mental dan terisolasi dari sosial ada pada level epidemik anak-anak muda.

“Ketika media sosial terlihat menawarkan kesematan untuk mengisi dunia sosial, saya pikir studi menuturkan bahwa itu bukan menjadi harapkan yang dinginkan oleh orang-orang,” ujarnya.

Prof Primack juga menambahkan bahwa bagaimanapun media sosial telah meningkatkan isolasi sosial. “Hasil studi ini mengingatkan kita semua secara keseluruhan bahwa menggunakan media sosial cenderung terkait dengan meningkatkan isolasi sosial dan tidak menurunkan isolasi sosial,” tutupnya. (afr)

(kem)

Baca Juga

Astaga! UFO Ini Miliki Bentuk Mirip Bulan Sabit, Kok Bisa?

Astaga! UFO Ini Miliki Bentuk Mirip Bulan Sabit, Kok Bisa?