Kominfo Akan Gunakan Frekuensi 700 MHz untuk Pendidikan

Kominfo Akan Gunakan Frekuensi 700 MHz untuk Pendidikan

Menkominfo Rudiantara. (Foto: Moch Prima Fauzi)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mengalokasikan sebagian frekuensi 700 MHz untuk kepentingan pendidikan di Indonesia. Hal itu diungkap Menteri Kominfo Rudiantara usai menghadiri acara diskusi yang berlangsung di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Chief RA tersebut, saat ini frekuensi 700 MHz masih digunakan untuk keperluan jaringan televisi. Namun jika Undangan-Undang tentang Penyiaran telah direvisi, frekuensi tersebut akan digunakan sebagai digital dividen yang bisa digunakan untuk aplikasi kebencanaan dan pendidikan.

"Kita harus punya kesepakatan. Nanti dituangkan dalam revisi Undang-Undang penyiaran sebagai digital deviden. Kalau semua lancar insyallah kita akan alokasikan untuk aplikasi kebencanaan. Katakanlah 20 MHz untuk kebencanaan. Kita ini negara banyak bencana tapi tidak ada affirmative policy atau kebijakan keberpihakan," ungkapnya.

Selain digunakan untuk soal kebencanaan, frekunesi di 700 MHz tersebut juga akan dimanfaatkan untuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan target kekuatan ekonomi Indonesia yang diprediksi akan menduduki posisi kelima di 2030 dan keempat di 2050.

Sementara soal komposisi pembagiannya, ia menjelaskan, bahwa alokasi frekuensi yang tersedia lebih dari 100 MHz di 700 MHz akan sama seperti di frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz yang saat ini akan dilelang. Sedangan saat ditanya soal waktu pelelangan, ia berharap hal itu bisa dilakukan secepatnya.

"Kita harus bicara lagi dengan DPR, tapi lebih cepat lebih bagus. Pembagiannya sama sepeti sekarang yang ada di 2,1 GHz, ada berapa puluh MHz. Tapi itu kan alokasinya untuk komersil. Mumpung baru, di 700 MHz kan ada 100 MHz lebih, nanti akan kita bagi ini untuk kebencanaan, ini untuk pendidikan," jelasnya.​

(kem)

Baca Juga

Kominfo Targetkan Pengumuman Pemenang Lelang Frekuensi pada Juli

Kominfo Targetkan Pengumuman Pemenang Lelang Frekuensi pada Juli