Tips Berjualan Online di Instagram untuk Pemula

Tips Berjualan Online di Instagram untuk Pemula

Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan teman sudah menjadi hal yang biasa. Sementara menggunakan platform online itu untuk mempromosikan produk atau berjualan online mungkin menjadi cara baru yang tidak semua orang melakukannya.

Diambil dari berbagi sumber, berikut ini tips berjualan online di Instagram untuk pemula atau mereka yang baru ingin merintis usaha jualan online via aplikasi berbagi foto tersebut.

Buat Akun Khusus

Akun pribadi sebaiknya tidak dicampur dengan akun untuk berjualan online. Sebab, pengguna perlu fokus membangun akun jualan online, mempromosikan, dan memberi nama akun yang tepat agar orang lain bisa mudah mengenali.

Cari Follower yang Banyak

Semakin banyak follower, pengguna semakin mudah menyebarkan informasi tentang produk yang akan dijual. Langkah pertama, pengguna bisa follow akun-akun yang juga menjual produk yang sama. Dengan demikian, bila pengguna mendapatkan 'follow back', jumlah pengikut akan bertambah.

Bila sudah dirasa cukup banyak mem-follow akun pengguna, kuncilah akun ini dengan mengaktifkan Private Account. Sehingga, orang lain atau calon pembeli yang penasaran akan meminta (request) untuk mengikuti akun pengguna.

Jangan Abaikan Hashtag

Hashtag atau tanda pagar (#) biasa ditemukan di media sosial, termasuk Instagram. Umumnya seseorang melakukan pencarian salah satunya dengan memanfaatkan hashtag tersebut. Memakai hashtag bisa membuat orang lain mengetahui produk yang Anda jual.

Rutin Mem-posting Foto

Untuk mempromosikan produk yang Anda jual, pengguna perlu konsisten mengunggah foto setiap hari. Sehingga, pengikut Anda bisa menerima informasi dari setiap unggahan tersebut. Pastikan foto yang diunggah beragam dan disertai keterangan yang jelas untuk pembaca.

Tawarkan Promosi

Dengan menawarkan promosi, misalkan diskon atau potongan harga, pelanggan diharapkan tertarik membeli. Jangan lupa sertakan nomor kontak atau e-mail agar memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

(ahl)

Baca Juga

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman