Miniatur Laboratorium Mulai Bereksperimen di Luar Angkasa

Miniatur Laboratorium Mulai Bereksperimen di Luar Angkasa

Foto: Dok. Deccan Chronicle

SWISS – Sebuah tekologi telah diluncurkan ke luar angkasa oleh SpacePharma. Teknologi tersebut adalah miniatur laboratorium yang telah mengorbit di bumi lebih dari 500 kilometer (km) dengan ukuran sebesar kotak tisu. Tujuan dari peluncuran ini adalah untuk membantu peneliti membawa eksperimen pada gravitasi di luar.

Seperti dilansir dari laman Deccan Chronicle, teknologi ini diluncurkan oleh perusahaan Swiss-Israel. Di luar angkasa, dengan hampir tidak adanya gravitasi, sel-sel molekul dari perilaku benda sendiri menjadi berbeda. Hal ini telah membantu peneliti dalam membuat penemuan obat untuk bidang pertanian.

Biasanya eksperimen dikirim ke International Space Station dan dibawa dengan bantuan astronot. SpacePharma mengatakan bahwa miniatur laboratorium ini menjadi cara baru bagi peneliti untuk memperpanjang mikrograviti.

“Semuanya bisa selesai dilakukan sejak jauh-jauh hari,” ungkap Founder Yossi Yamin.

Klien kemudian menerima data dan gambar langsung dari ekperimen tersebut. Satelit itu sendiri juga memegang empat eksperimen. Peluncuran kedua nantinya akan dilakukan pada Agustus 2017. (afr)

(kem)

Baca Juga

Luar Biasa! NASA Siapkan Program Kecerdasan Buatan untuk Misi ke Luar Angkasa

Luar Biasa! NASA Siapkan Program Kecerdasan Buatan untuk Misi ke Luar Angkasa