Gunakan Metode Ini untuk Permudah Transfer Foto dari Android ke iPhone

Gunakan Metode Ini untuk Permudah Transfer Foto dari Android ke iPhone

(Foto: Venture Beat)

CUPERTINO - Memindahkan file seperti foto dari perangkat lama ke perangkat baru memang memakan waktu yang lama. Namun, jika mengikuti metode yang tepat untuk tujuan tersebut, Anda bisa menghemat waktu saat memindahkan foto tersebut.

Hal tersebut juga berlaku ketika Anda memindahkan foto dari Android ke iPhone. Berikut langkah mudah untuk menghemat waktu Anda saat mentransfer foto dari Android ke iPhone sebagaimana dilaporkan Ubergizmo, Sabtu (18/3/2017).

Gunakan Google Photos

Metode pertama yang dilakukan untuk memindahkan foto dari Android ke iPhone ialah menggunakan Google Photos. Ketika menggunakan aplikasi ini, pertama-tama Anda harus memastikan foto telah di backup dan sinkronisasi telah diaktifkan di Android Anda dengan Google Photos. Anda juga bisa merujuk ke panduan yang ada yang akan membantu Anda mengetahui bagaiman backup foto di Android dengan Google Photos.

Sekarang, beralih ke iPhone dan instal Google Photos di iPhone. Setelah sukses terinstal di perangkat iOS Anda, selanjutnya Anda perlu mengaktifkan pilihan Backup & Sync.

Gunakan Aplikasi Sharing File

Selain menggunakan Google Photos, Anda juga bisa menggunakan aplikasi sharing file seperti Share It. Sebelum menggunakan ini, Anda tentu saja perlu menginstal aplikasi ini terlebih dulu baik di perangkat Android atau iOS Anda.

Setelah itu, luncurkan aplikasi di perangkat Android. Klik 'Start' kemudian set nama dan avatar ke perangkat Anda. Setelah selesai, pilih 'Receive'. Jika Anda memiliki koneksi data aktif, ia akan merekomendasikan Anda untuk menonaktifkan itu. Sekarang, di layar akan terlihat pemberitahuan bahwa aplikasi menunggu pengiriman. Untuk terhubung dengan iPhone yang diinginkan, pilih 'connect to iOS/WP'.

Kemudian, Anda akan diminta untuk mencari jaringan wifi pada iPhone Anda. Ikuti petunjuk di layar untuk menghubungkan ke hotspot wifi yang diinginkan. Setelah Anda terhubung ke wifi yang diinginkan, luncurkan Share it lagi, Anda akan melihat kedua perangkat siap untuk mentransfer file.

Gunakan iTunes

Selain kedua metode tersebut, iTunes bisa menjadi solusi meskipun bisa memakan waktu lebih lama dibanding metode sebelumnya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan metode ini adalah mencadangkan foto ke PC. Selain itu, Copy-paste juga akan dilakukan saat menghubungkan perangkat Android melalui kabel USB.

Setelah Anda selesai mem-backup semua foto ke sistem komputer, Anda sekarang bisa memanfaatkan iTunes untuk melakukan sinkronisasi dengan iPhone. Berikut caranya:

1. Hubungkan iPhone Anda ke sistem via kabel USB

2. Ketika terhubung, buka program iTunes di sistem Anda.

3. Sekarang, Anda harus mengarahkan ke perangkat Anda dengan mengklik ikon perangkat.

4. Setelah itu, Anda klik di 'Photos'

5. Terakhir, pastikann bahwa sinkronisasi foto diaktifkan dan kemudian pilih folder yang Anda ingin foto sinkronkan ke iPhone Anda.

6. Selain itu, klik pada pilihan untuk sinkronisasi 'All photos and albums'. Sekarang, tekan tombol 'Apply' untuk memulai.

(din)


Baca Juga

Techno of The Week: Intip Cara Kirim Banyak Kontak Sekaligus di WhatsApp

Techno of The Week: Intip Cara Kirim Banyak Kontak Sekaligus di WhatsApp