Bocoran Android O Mulai Beredar

Bocoran Android O Mulai Beredar

Foto: Slash Gear

MOUNTAIN VIEW – Dua bulan lagi, Google akan memperkenalkan keberadaan Android baru. Rumor mengenai Android O rupanya sudah mulai beredar.

Android memiliki tradisi untuk memberikan nama sesuai urutan abjad dan biasanya adalah nama makanan penutup. Tahun ini, O kuat diduga akan bernama Oreo.

Selain itu, Android masa depan itu juga disebut memiliki kemampuan picture-in-picture atau PIP. PIP sendiri sebenarnya sudah mulai diperkenalkan di Nougat namun tidak dipasang secara default. Tak lama lagi, pengguna smartphone akan bisa melihat video sambil mengerjakan suatu dokumen.

Ikon pada layar awal dan peluncur juga akan mendapatkan upgrade. Di Android O, aplikasi dengan pemberitahuan yang aktif, seperti e-mail, atau aplikasi chatting akan segera memiliki lencana atau nomor kecil yang menunjukkan jumlah notifikasi yang menunggu untuk dibaca. Beberapa publisher pihak ketiga telah memiliki fitur itu untuk sementara waktu tetapi tidak selalu bekerja di semua aplikasi karena bukan fitur resmi.

Fitur baru lainnya termasuk ikon yang "adaptif" atau ikon dinamis, seperti yang ada di Pixel Launcher. Hal ini menunjukkan bahwa ikon dapat mengubah apa yang mereka tunjukkan, tergantung pada beberapa kondisi. Hal ini sangat berguna dalam aplikasi kalender yang akan segera dapat menunjukkan tanggal bukan hanya nomor generik. Mungkin perlu dicatat bahwa Android telah mengambil beberapa waktu untuk menjalankan kedua fitur yang pengguna iOS telah nikmati sejak lama.

Versi berikutnya seharusnya bisa mengadopsi fitur latar belakang throttling Chrome 57 yang baru-baru ini diumumkan. Dia, pada dasarnya, akan mencoba mengurangi sumber daya terutama baterai, penggunaan aplikasi, dan layanan yang berjalan di latar belakang.

(kem)
TAG : android O

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?