Uniknya Printer 3D dengan Tinta dari Keju Ini

Uniknya Printer 3D dengan Tinta dari Keju Ini

Foto: Trusted Reviews

DUBLIN Printer tiga dimensi (3D) kini mulai diaplikasi banyak orang, bahkan untuk membangun hunian nyaman. Namun tidak sampai di situ saja, ilmuwan dari Irlandia menciptakan printer 3D dengan tinta dari keju.

Trusted Reviews menerangkan bahwa para ahli gizi di University College Cork telah mengembangkan keju untuk digunakan sebagai materi dalam printer 3D. Proyek ini berasal dari pertanyaan yang diajukan oleh produsen keju tentang bagaimana makanan akan digunakan sebagai bahan baku di dapur dalam waktu tidak terlalu jauh yang dapat dilengkapi dengan printer 3D bersama peralatan yang lebih standar mereka seperti ketel atau pemanggang roti.

"Itu adalah pertanyaan yang sangat spekulatif yang membuat saya sangat penasaran," kata Alan Kelly, seorang profesor dari UCC dan peneliti utama studi tersebut, "Kami benar-benar mulai dengan mencoba banyak jenis keju, tetapi menemukan keju olahan untuk bekerja terbaik."

Setelah bereksperimen dengan sejumlah keju yang ada, para ilmuwan melanjutkan untuk menciptakan keju lunak sebagai bahan yang bisa dimakan. Tinta printer 3D keju telah dirancang untuk menjadi lebih lembut, lebih elastis, dan lebih cair ketika mencair dari keju olahan tradisional.

Keju printer 3D ini meleleh selama 12 menit pada 75 derajat Celsius sebelum dikomersialkan dan dimodifikasi menggunakan jarum suntik. Sekali dicetak, keju akan menjadi lebih padat untuk mengadopsi bentuk tak biasa seperti Teddy Bear.

“Kami menggunakan campuran dari protein susu saat ini untuk membangun sebuah produk, mungkin snack tinggi protein, dari dasar-dasar, dan merancang resep yang mungkin bekerja paling baik untuk sebuah printer 3D. Kami cukup awal mengeneralisasikan sistem pangan yang berbeda, tapi yang membuat pencetakan benar-benar menarik karena ada potensi besar untuk mengeksplorasi dan berinovasi. Kami tidak mengharapkan perubahan dalam rasanya,” papar Kelly.

(kem)


Baca Juga

Techno of The Week: Kekalahan Barcelona hingga Viral 2 Remaja Tewas saat <i>Selfie</i>

Techno of The Week: Kekalahan Barcelona hingga Viral 2 Remaja Tewas saat Selfie