Aneh, Printer Ini Gunakan Keju Sebagai Tinta

Aneh, Printer Ini Gunakan Keju Sebagai Tinta

(foto: Trusted Review)

DUBLIN - Printer kini mulai berkembang ke ranah tiga dimensi. Tak hanya itu, bahkan tinta printer juga semakin berkembang ke arah yang tak lazim.

Dilansir dari Trusted Reviews, para ahli gizi di University College Cork telah mengembangkan keju untuk digunakan sebagai materi dalam printer 3D. Proyek ini berasal dari pertanyaan yang diajukan oleh produsen keju tentang bagaimana makanan akan digunakan sebagai bahan baku di dapur dalam waktu tidak terlalu jauh yang dapat dilengkapi dengan printer 3D bersama peralatan yang lebih standar mereka seperti ketel atau pemanggang roti.

Setelah bereksperimen dengan sejumlah keju yang ada, para ilmuwan melanjutkan untuk menciptakan keju lunak sebagai bahan yang bisa dimakan. Tinta printer 3D keju telah dirancang untuk menjadi lebih lembut, lebih elastis, dan lebih cair ketika mencair dari keju olahan tradisional.

Keju printer 3D ini meleleh selama 12 menit pada 75 derajat Celsius sebelum dikomersialkan dan dimodifikasi menggunakan jarum suntik. Sekali dicetak, keju akan menjadi lebih padat untuk mengadopsi bentuk tak biasa seperti Teddy Bear.

(kem)

Baca Juga

Tips agar Kapasitas <i>Disk</i> di PC Bisa Lebih Lega

Tips agar Kapasitas Disk di PC Bisa Lebih Lega