Deretan Fakta Equinox yang Akan Terjadi Besok

Deretan Fakta Equinox yang Akan Terjadi Besok

Foto: Telegraph

JAKARTA – Setiap 21 April dan 23 September, Bumi mengalami fenomena equinox dengan matahari. Beredar kabar bahwa suhu di wilayah sekitar garis khatulistiwa akan mengalami kenaikan drastis akibat fenomena tersebut.

Namun, apa sebenarnya fenomena equinox? Berikut ini sejumlah fakta mengenai equinox yang perlu Anda ketahui.

Equinox vs Equilux

Equinox berasal dari bahasa Latin yang dalam bahasa Inggris berarti 'equal night'. Dikarenakan matahari adalah cakram dan bukan titik, akibat pembiasan atmosfer, penduduk yang berada di lintang pertengahan benar-benar mendapatkan tambahan 8 menit siang saat fenomena equinox terjadi. Untuk perpecahan waktu yang sama antara siang dan malam, terminologi equilux digunakan. Equilux biasanya datang beberapa hari sebelum equinox hadir.

Barat dan Timur yang Lebih Jelas

Musim gugur dan semi equinox terjadi dua hari selama setahun ketika matahari terbit persis di timur dan tenggelam di barat. Dengan cara ini, Anda bisa memilih landmark dan menandai barat dan timur dengan lebih jelas.

Sphinx Menghadap Tepat ke Matahari

Manusia sama sekali tidak dianjurkan untuk menatap langsung matahari karena sinarnya dapat merusak mata. Namun, Great Sphinx Giza melakukan hal tersebut setiap equinox berlangsung saat matahari terbit.

Selain Sphinx, ada beberapa situs sejarah yang juga menghadap ke matahari pada momen yang sama. Di antaranya termasuk Chichen Itza dan Angkor Wat.

Transisi Musim

 

Equinox digunakan para astronom sebagai pertanda bahwa musim semi akan tiba di belahan Bumi bagian utara. Musim semi berakhir di titik matahari pada Jni ketika musim panas akan menggantikan. Sementara itu, penduduk di belahan Bumi selatan mengalami kebalikannya. Mereka baru memulai musim semi ketika equinox September tiba.

Tradisi di Equinox

 

Ada tradisi yang unik di kebudayaan orang China ketika fenomena ini terjadi. Mereka merayakan equinox Maret dengan menyeimbangkan telur yang diletakkan di posisi sejajar. Ini sebagai kesuburan dan pertanda keuntungan.

Indahnya Aurora Borealis

 

Jika Anda ingin menyaksikan keindahan Aurora Borealis di belahan utara Bumi, equinox adalah saat yang tepat. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan bahwa aktivitas geomagnetik berlangsung lebih intens dua kali lipat saat musim semi dan gugur.

(kem)
TAG : fakta

Baca Juga

Techno of The Week: Penjelasan Kepunahan Makhluk Hidup hingga Kecerdasan Buatan Lebih Berbahaya

Techno of The Week: Penjelasan Kepunahan Makhluk Hidup hingga Kecerdasan Buatan Lebih Berbahaya