Kumpulan Fakta Unik Seputar Equinox yang Terjadi Besok

Kumpulan Fakta Unik Seputar Equinox yang Terjadi Besok

Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Peristiwa equinox diperkirakan akan menyambangi Indonesia besok. Walaupun fenomena ini terbilang tidak membahayakan, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui secara pasti mengenai Equinox.

Apa sebenarnya fenomena Equinox? Berikut ini sejumlah fakta mengenai equinox yang perlu Anda ketahui.

Equinox vs Equilux

Equinox berasal dari bahasa Latin yang dalam bahasa Inggris berarti 'equal night'. Dikarenakan matahari adalah cakram dan bukan titik, akibat pembiasan atmosfer, penduduk yang berada di lintang pertengahan benar-benar mendapatkan tambahan 8 menit siang saat fenomena equinox terjadi. Untuk perpecahan waktu yang sama antara siang dan malam, terminologi equilux digunakan. Equilux biasanya datang beberapa hari sebelum equinox hadir.

 

Barat dan Timur yang Lebih Jelas

Musim gugur dan semi equinox terjadi dua hari selama setahun ketika matahari terbit persis di timur dan tenggelam di barat. Dengan cara ini, Anda bisa memilih landmark dan menandai barat dan timur dengan lebih jelas.

Sphinx Menghadap Tepat ke Matahari

Manusia sama sekali tidak dianjurkan untuk menatap langsung matahari karena sinarnya dapat merusak mata. Namun, Great Sphinx Giza melakukan hal tersebut setiap equinox berlangsung saat matahari terbit.

 

Tradisi di Equinox

Ada tradisi yang unik di kebudayaan orang China ketika fenomena ini terjadi. Mereka merayakan equinox Maret dengan menyeimbangkan telur yang diletakkan di posisi sejajar. Ini sebagai kesuburan dan pertanda keuntungan.

(kem)
TAG : fakta

Baca Juga

Peneliti Ini Sebut 'Cepat Lupa' Tidak Selalu Berdampak Negatif

Peneliti Ini Sebut 'Cepat Lupa' Tidak Selalu Berdampak Negatif