Hii! Ini Fakta Menyeramkan Seputar Laba - Laba

Hii! Ini Fakta Menyeramkan Seputar Laba - Laba

(foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak predator di kerajaan hewan yang sangat terkenal, seperti hiu, paus, dan harimau. Namun berdasarkan penelitian terbaru, pemuncak daftar predator sebenarnya laba-laba.

Fakta ini terungkap setelah beberapa ilmuwan Swiss melakukan perbandingan seputar jumlah mangsa dari para predator. saat ini diperkirakan ada 25 juta ton laba-laba di Bumi. Mereka berburu dan memangsa hewan lainnya antara 400 hingga 800 juta ton setiap tahunnya. Sebagian besar dari mangsanya ialah serangga, katak, kadal, ikan, bahkan kelelawar.

Sementara itu, manusia mengonsumsi makanan berupa ikan dan daging sekira 400 juta ton. Sedangkan paus, sebagai hewan terbesar di Bumi, hanya memakan 280 hingga 500 juta ton makanan laut dalam jangka waktu satu tahun.

"Penjumlahan yang kami lakukan dapat mengetahui kuantitas laba-laba dalam skala global sebagai musuh alamiah utama serangga. Dalam hal hewan pemangsa serangga lainnya seperti semut dan burung, mereka membantu untuk mengurangi kepadatan populasi serangga secara signifikan," ungkap Dr Martin Nyffeler.

Saat ini diperkirakan ada 45.000 laba-laba yang hidup di Bumi dengan beragam jenis dan habitatnya. Keberadaan mereka berkontribusi untuk ekologi di Bumi. Demikian seperi dikutip dari Big Think, Senin (20/3/2017).

(kem)

Baca Juga

Seorang Siswa Membangun Satelit Alberta ke Orbit

Seorang Siswa Membangun Satelit Alberta ke Orbit