SoftBank Tarik Pendanaan untuk Ponsel Baru Andy Rubin, Kenapa?

SoftBank Tarik Pendanaan untuk Ponsel Baru Andy Rubin, Kenapa?

Andy Rubin (Foto: The Information)

MOUNTAIN VIEW – Sepak terjang Andy Rubin, orang yang dikenal sebagai "Bapak Android”, dikabarkan bakal mendapat sedikit hambatan. Pasalnya, ia batal mendapat dana dari SoftBank, induk Sprint, untuk smartphone terbarunya.

The Wall Street Journal yang dikutip Phone Arena, Selasa (31/3/2017), mewartakan SoftBank memutuskan membatalkan rencana memberikan Essential ke perusahaan rintisan Andy Rubin sebanyak USD100 juta untuk mendanai produk ponsel terbarunya. Sebagai bagian dari kesepakatan pembiayaan itu, SoftBank akan membantu meluncurkan ponsel Rubin di Jepang.

Alasan di balik pembatalan pendanaan itu, menurut narasumber tak disebutkan namanya, terdapat konflik kepentingan. Hal ini tampaknya CEO SoftBank Masayoshi Son akan segera membuka dana investasi yang berorientasi pada teknologi USD1 miliar.

Apple berencana menginvestasikan USD1 miliar ke dananya dan Son merasa bahwa dengan hal itu akan menciptakan konflik kepetingan untuk SoftBank membantu mendanai kompetisi smartphone.

Akan tetapi, laporan lainnya mengklaim bahwa dana sebesar USD100 juta tidak lagi berasal dari SoftBank, mungkin sebagai gantinya dibangkitkan dari sejumlah investor. Laporan ini menyatakan bahwa Essential segera menutup putaran pembiayaan.

(din)

Baca Juga

Peretasan Jutaan Akun iCloud <i>Hoax</i>?

Peretasan Jutaan Akun iCloud Hoax?