Perangi Pencuri Tisu, China Pasang Pemindai Wajah di Toilet

Perangi Pencuri Tisu, China Pasang Pemindai Wajah di Toilet

Foto: Digital Trends

BEIJING – Siapa pun yang mengunjungi Temple of Heaven Park di Beijing, China, kini akan menemukan sebuah mesin pemindai wajah. Itu adalah upaya untuk memerangi para pencuri tisu toilet yang menjadi masalah serius di Beijing.

Pencuri tisu tersebut diduga adalah penduduk lokal yang menggunakannya untuk keperluan rumah tangga sendiri. Para turis yang berdatangan kemudian tidak mendapat tisu yang diperlukan.

Namun rupanya bukan hanya itu, beberapa mesin lain juga diletakkan di sejumlah toilet umum di Beijing. Mesin tersebut akan memindai wajah orang yang ingin mengambil tisu dengan kamera yang sudah ada di dalamnya.

Setelah diberi tisu dengan panjang 60 cm, pengguna tidak akan bisa mendapatkan tisu lagi sebelum sembilan menit berlalu. Cara ini diharapkan sukses menghentikan pencurian, atau paling tidak menghalau upaya penduduk lokal mencuri dengan cepat. Pencuri mungkin juga masih menggunakan cara lain dengan menyamar.

Teknologi pengenalan wajah dipilih karena dianggap paling higienis daripada menggunakan cara lain seperti fingerprint atau infrared. Teknologi ini masih diujicobakan. Jika berhasil, pengguna mungkin akan menemukan mesin ini di mana pun mengunjungi toilet umum di Negeri Tirai Bambu.

(kem)

Baca Juga

Google Garap Aplikasi Editor Foto Grup Sosial Media

Google Garap Aplikasi Editor Foto Grup Sosial Media