Google dan Facebook Sudah Bayar Pajak Penuh di Australia

Google dan Facebook Sudah Bayar Pajak Penuh di Australia

Foto: Marketing Land

CALIFORNIA – Google dan Facebook kini sudah secara penuh membayar pajak di Australia sesuai jumlah keuntungan yang mereka panen dari Negeri Kanguru tersebut. Bendahara Australia, Scott Morrison, mengatakan kepada parlemen Australia bahwa perubahan sistem pajak akan menaikkan tambahan 2 miliar dolar pada pajak tahun ini dari perusahaan-perusahaan multinasional.

Hukum yang dijuluki ‘Pajak Google’ menargetkan perusahaan global dengan pendapatan tahunan melebihi AUD1 miliar. Morrison mengatakan pemerintah telah memberikan Australian Taxation Office kekuasaan, sumber daya, dan penalti untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

"Facebook... sekarang membukukan pendapatan Australia mereka di Australia, tidak di Irlandia," katanya. Dia juga menambahkan bahwa perusahaan multinasional itu meninggalkan struktur lama dan restrukturisasi model mereka untuk menunjukkan penjualan yang dibukukan di Australia.

Ketika hukum itu diajukan pada awal 2015, pemerintah mengatakan ada 30 perusahaan global yang membayar sedikit atau tidak ada pajak atas keuntungan dari operasi mereka di Australia. Perusahaan global terus mendapatkan laba miliaran euro dan melalui Irlandia mereka menghindari pajak.

Perusahaan multinasional, termasuk Microsoft, Amazon, Facebook dan Google, memiliki kantor pusat Eropa di Irlandia, yang memiliki tingkat headline 12,5% dari pajak penghasilan perusahaan yang terendah kedua di Uni Eropa. Otoritas Eropa baru-baru ini menjadi jauh lebih agresif dalam pendekatan terhadap perjanjian antara perusahaan multinasional dan negara-negara anggota Uni Eropa.

(kem)

Baca Juga

Peretasan Jutaan Akun iCloud <i>Hoax</i>?

Peretasan Jutaan Akun iCloud Hoax?