Kesiapan Sudah 60%, Kominfo Siap Kebut Palapa Ring Paket Barat

Kesiapan Sudah 60%, Kominfo Siap Kebut Palapa Ring Paket Barat

Foto: Shutterstock

JAKARTA – Proyek pembangunan jaringan serat optik tulang punggung Indonesia di wilayah barat diprediksi bakal selesai sebelum tenggat waktunya pada 2018. Hal tersebut diterangkan oleh Anang Achmad Latif, Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

Kominfo memprediksi bahwa Proyek Palapa Ring Paket Barat akan selesai pada Desember 2017. Hal ini dikarenakan kemajuan dari persiapan badan usaha yang bertanggung jawab atas konstruksi paket tersebut telah rampung 60%.

“Upaya kami (Kominfo) untuk percepatan penyelesaian proyek yang pasti adalah konstruksi tanggung jawab badan usaha. Progres kesiapan mereka sudah 60% sekarang sehingga pekerjaan lebih mudah terprediksi karena sudah lebih dari setengah lebih mudah dipantau setiap minggu,” papar Anang kepada Okezone, Selasa (21/3/2017).

Meski demikian, tidak berarti bahwa pembangunan jarinan serat optik Indonesia di barat mulus-mulus saja. Anang mengakui ada beberapa hambatan seperti soal perizinan dan ketersediaan kabel.

So far kemarin kami menghadapi persoalan perizinan, tapi setelah bertemu dengan pemerintah kota/kabupaten setempat, kami mendapatkan dukungan dan sambutan yang baik. Kesulitan berarti belum ada. Sebelumnya ada masalah suplai kabel tapi sudah tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Menkominfo Rudiantara sebelumnya juga telah menerangkan bahwa Palapa Ring Paket Barat akan selesai akhir 2017. Proyek ini sendiri bertujuan untuk menjembatani kesenjangan digital di seluruh wilayah Indonesia.

(kem)


Baca Juga

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris