Mengenal Proyek Palapa Ring yang Bakal Sambungkan Sabang sampai Merauke

Mengenal Proyek Palapa Ring yang Bakal Sambungkan Sabang sampai Merauke

Foto: Shutterstock

JAKARTA – Sebagai salah satu proyek pendukung  program nawacita Presiden Joko Widodo, kontrak proyek kerja sama Palapa Ring paket barat, tengah, dan timur telah resmi ditandatangani pada September 2016. Namun sudahkan Anda mengenal sepenuhnya proyek ambisius untuk menghubungkan seluruh Indonesia itu?

Pemerintah membagi proyek ini menjadi tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur. Paket barat akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekira 1.980 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp3,4 triliun.

Paket tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai Kepulauan Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekira 2.647 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp3,5 triliun.

Paket timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekira 8.454 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp14 triliun.

Palapa Ring akan menggunakan kabel jaringan sepanjang 13.000 km untuk menghubungkan Indonesia. Ada 57 kota/kabupaten yang akan dihubungkan dengan fiber optic Palapa Ring. Sebanyak 28 kota akan menghubungkan kota yang sudah memiliki jaringan sebelumnya dengan kota yang baru akan disambungkan.

(kem)

Baca Juga

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017