Financial Close Palapa Ring Paket Timur Masih Tahap Negosiasi

Financial Close Palapa Ring Paket Timur Masih Tahap Negosiasi

(Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Jika Palapa Ring Paket Barat sudah mulai dijalankan, maka financial close atau penentuan investor dalam proyek Palapa Ring Paket Timur saat ini masih dalam tahap negosiasi.

Hal itu diterangkan oleh Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Anang Achmad Latif. Anang menjelaskan bahwa financial close saat ini masih dalam tahap negosiasi.

“Timur kami (Kominfo) targetkan awal April ini untuk proses financial close. Financial close intinya memastikan badan usaha mana yang menjadi investor atau perbankan mana yang akan terlibat dalam proyek ini, sekaligus memulai kapan konstruksi. Saat ini masih dalam tahap negosiasi,” paparnya.

Membangun jaringan serat optik tulang punggung Indonesia di wilayah timur disebut lebih kompleks daripada di wilayah Indonesia lainnya. Namun, paket ini juga masih ditargetkan akan selesai pada 2019.

Sementara itu, kabel serat optik yang akan digelar Kominfo di paket barat saja panjangnya 1.800 kilometer (km). Kabel ini diharapkan selesai digelar pada akhir 2017. Dia dihadirkan sebagai jawaban dari teknologi komunikasi yang dibutuhkan Indonesia baik saat ini maupun masa depan.

“Jaringan ini bisa digunakan untuk 3G, 4G, bahkan mungkin di masa depan bisa juga 5G atau 6G. Kabel serat optik ini bisa menangani semua kebutuhan teknologi masa depan,” tutupnya.

(kem)

Baca Juga

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017