2020, Kanada Bakal Punya Pelabuhan Antariksa Sendiri

OTTAWA - Berkat Maritime Launch Services (MLS), Kanada akhirnya akan memiliki pelabuhan antariksa sendiri. Pelabuhan ini akan berlokasi di Canso, sebuah kota terpencil di pantai timur Nova Scotia.

Penentuan lokasi tersebut melibatkan penilaian hampir dari 14 lokasi di Kanada. Perusahaan kemudian menilai Canso merupakan lokasi yang sempurna.

Canso merupakan lokasi yang ideal untuk peluncuran, dengan kepadatan penduduk yang cukup rendah. Keamanan di Canso juga dinilai cukup untuk keselamatan. Maritime Launch Services akan memulai membangun fasilitas ini tahun depan.

Pelabuhan antariksa ini merupakan proyek komersial antara Maritime Launch Services dan perusahaan Ukraina. Dikutip dari The Technews, Selasa (21/3/2017), proyek ini tak didanai oleh pemerintah sama sekali.

MLS menargetkan pelabuhan ini untuk diluncurkan pada 2020. Pada 2022, MLS juga menargetkan pelabuhan antariksa ini meluncurkan sekira delapan pesawat luar angkasa per tahun.

Belum jelas apakah perusahaan ruang angkasa swasta dapat menggunakan pelabuhan ini. Namun sebagian misi ini akan melibatkan roket Cyclone 4M milik Ukraina.

()
Berita Rekomendasi

Baca Juga

TOP TECHNO: Ngeri, Muncul Awan Berbentuk Tangan & Kaki

TOP TECHNO: Ngeri, Muncul Awan Berbentuk Tangan & Kaki