Mengenal Overclocking PC Lebih Dekat

Mengenal Overclocking PC Lebih Dekat

(Foto: Dini/ Okezone)

JAKARTA - Meskipun sekarang ini banyak vendor menyediakan notebook dengan spesifikasi gahar, tak lantas memberikan jaminan dapat memberikan pengalaman yang maksimal. Hal tersebut setidaknya dipaparkan oleh overclocker profesional Alvan Jonathan.

"Komputer zaman sekarang sudah makin kencang buat apa lagi pake overclock? Overclock ini sebagai variabel untuk mendorong kinerja yang lebih baik," katanya saat di tengah-tengah peluncuran ROG GX800, Rabu (22/3/2017).

Overclock sendiri merupakan tindakan untuk meningkatkan clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking sendiri biasanya dilakukan untuk CPU atau GPU.

Clock speed yang lebih tinggi tentu saja berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan seperti mampu meningkatkan frame rate (FPS) di game, mempercepat waktu rendering 3D/video editing serta membuat berbagai aplikasi boros daya berjalan lebih cepat.

Di samping itu, sekarang terdapat notebook yang masih sanggup di-overclok hingga 4,6 GHz dengan aman. Kemampuan tersebut dipegang oleh ROG RX800. Asus mengklaim, tidak hanya prosesor, tetapi kartu grafisnya juga bisa di-overclock hingga 1.961 MHz. Sementara video RAM (VRAM) dan dinamic random access memory (DRAM) juga bisa ditingkatkan dengan mudah sampai 5,2 GHz.

(kem)

Baca Juga

Tak Mampu Saingi Samsung, Penjualan LG G6 Alami 'Tantangan' yang Berat

Tak Mampu Saingi Samsung, Penjualan LG G6 Alami 'Tantangan' yang Berat