Kapal Luar Angkasa yang Berbentuk Tak Lazim

Kapal Luar Angkasa yang Berbentuk Tak Lazim

(foto : Space)

CALIFORNIA - Proyek luar angkasa semakin berkembang ke arah yang menakjubkan. Kali ini, para ilmuwan ingin mendekati galaksi terdekat, Alpha Centauri.

Proyek itu merupakan bagian dari Breakthrough Initiative yang diresmikan pada 2015. Program ini dilakukan dalam rangka mencari kehidupan baru di luar angkasa.

Anggota tim Breakthrough Starshot, Zachary Manchester, mahasiswa postdoctoral di Harvard University Agile Robotics Lab; dan Avi Loeb, ketua kedua Harvard University Astronomi Departemen dan komite penasihat Terobosan Starshot, menerbitkan temuan mereka pada Maret edisi 10 The Astrophysical Journal Letters. mereka mengumumkan konsep pesawat angkasa yang berbentuk seperti kapal berparasut dan menggunakan cahaya laser sebagai tenaganya.

Analisis menunjukkan bahwa bahkan jika probe bola yang berbelok sedikit, energi dari sinar laser akan tetap terkandung dan mencegahnya untuk terbang menghilang di luar angkasa. Ada keuntungan lain juga. "Salah satu hal baik tentang desain ini adalah bahwa Anda bisa berpikir tentang menempatkan semua elektronik di dalam bola dan kemudian mereka akan terlindung dengan baik dari balok," Manchester mengatakan Space.com.

Kendati demikian, masih ada beberapa kendala untuk mewujudkan kapal bulat ini. Salah satunya adalah investasi seharga USD100 juta di beberapa area tim Breakthrough Starshot. Manchester berharap proyek ini akan selesai dalam 20 tahun mendatang jika mendapatkan pendanaan.

(kem)

Baca Juga

Keren! Astronot Temukan 2 Asteroid Unik di Dalam Tata Surya

Keren! Astronot Temukan 2 Asteroid Unik di Dalam Tata Surya