Cerita Menkominfo Rudiantara Kunjungi Wilayah Perbatasan Tanpa Akses Internet

Cerita Menkominfo Rudiantara Kunjungi Wilayah Perbatasan Tanpa Akses Internet

(Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Koneksi internet tidak hanya dibutuhkan oleh pengguna di perkotaan, tetapi juga menjadi kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini tengah membangun proyek Palapa Ring untuk pemerataan koneksi internet di Tanah Air.

Masalah pemerataan akses internet menjadi perhatian pemerintah. Seperti diketahui, beberapa daerah terpencil di Indonesia bahkan belum tersentuh dengan Base Transceiver Station (BTS) untuk terhubung dengan internet.

"Saya pernah ke Mahakamulu, pakai helikopter dua kali transit, di sana ada ponsel tapi tidak digunakan untuk telefon tetapi untuk motret karena enggak ada BTS," kata Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Meski jaringan 4G kini semakin meluas ke berbagai daerah di Tanah Air, namun Kominfo belum akan menyediakan jaringan 4G secara langsung di daerah perbatasan.

"Makanya daerah-daerah yang sangat remote (terpencil) kita bertahap, 2G dulu, bisa telefon dan SMS. Karena kalau dikasih 4G mereka kaget-kaget,", katanya.

Ia menjelaskan bahwa kehadiran koneksi internet ini tak ingin mengubah budaya sosial dari masyarakat di wilayah tersebut. "Kalau di barat, begitu kita bangun teknologi baru sekalipun tidak ada masalah sosial karena sudah terbiasa. Tapi saudara-saudara kita yang katakanlah di kampung yang jauh dari BTS, itu pasti berubah sosialnya. Mereka akan banyak bermain ponsel," terangnya.

Menurutnya, pemerintah tak hanya harus berperan menyediakan infrastruktur telekomunikasi, namun mengantisipasi isu terkait sosial yang perlu disiapkan.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih