Pasar Asisten Virtual Diprediksi Sentuh USD15,8 Miliar pada 2021

Pasar Asisten Virtual Diprediksi Sentuh USD15,8 Miliar pada 2021

(Foto: Tractica)

JAKARTA - Asisten virtual (AV) yang kini mulai banyak diadopsi diprediksi masih akan terus mengalami pertumbuhan pengguna dan juga pasar bisnis. Peningkatan yang signifikan masih akan terjadi, setidaknya hingga 2021.

Perusahaan riset pasar Tractica pada 2016 mengungkap, pasar untuk asisten virtual akan memiliki nilai hingga USD15,8 miliar selama kurang dari lima tahun ke depan.

Selain mulai banyak digunakan di perangkat smartphone, asisten virtual juga bakal tersemat di perangkat pintar lainnya seperti smartwatch, fitness tracker, PC, smarthome system, serta automobile.

Prediksi Tractica untuk pengguna teknologi ini akan mengalami pertumbuhan dari 390 juta pada 2015 menjadi 1,8 miliar secara global di akhir 2021. Di periode yang sama, pertumbuhan sektor pengguna enterprise AV juga akan naik menjadi 843 juta.

Sebelumnya, pada 2015 pengguna enterprise menyentuh angka 155 juta. Sedangkan untuk total pendapatan dari bisnis asisten virtual akan naik dari USD1,6 juta pada 2015, menjadi USD15,8 miliar pada 2021.

"Penggunaan dari konsumen dan enterpise asisten virtual mengalami peningkatan berkat akselerasi inovasi dan skalabilitas seperti natural language dan artificial intelligence," ungkap kepala riset, Mark Beccue yang dirangkum Okezone, Senin (3/4/2017).

"Kebanyakan dari raksasa teknologi dunia percaya bahwa asisten virtual akan menjadi vital bagi binsisnya di masa depan. Mereka juga berinvestasi lebih signifikan untuk mendapatkan pangsa pasar di tahap awal," imbuhnya.

(kem)
TAG : pasar

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?